Kecamatan di Nagan Raya Ini Direncanakan Jadi Kawasan Kota Satelit

untuk tahun 2019 akan direncanakan pembangunan akses jalan elak sebagai strategi pengembangan kawasan

Kecamatan di Nagan Raya Ini Direncanakan Jadi Kawasan Kota Satelit
Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya terpilih M Jamin Idham dan Chalidin Oesman 

Laporan Dedi Iskandar | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya merencanakan Kecamatan Darul Makmur menjadi kawasan kota satelit dari Ibukota Suka Makmue atau menjadi kota kedua setelah ibukota kabupaten.

Hal itu diungkapkan Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham saat membuka kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan, berlangsung di Aula Setcam Darul Makmur, Selasa (20/2/2018) siang.

Langkah ini dilakukan Bupati M Jamin Idham, karena karena letak dan kondisi Darul Makmur sangat strategis jika ditinjau dari jumlah penduduk dan potensi wliyah yang sangat luas.

Baca: Tahun Ini, Ustaz Somad Juga Isi Ceramah di Tamiang, Nagan Raya, Abdya, dan Meulaboh, Ini Jadwalnya

"Darul Makmur juga merupakan salah satu kawasan perbatasan dan terluas di Nagan Raya, yang ditata serta diperkuat sebagaimana harapan yang tertuang dalam nawacita Pemerintah Republik Indonesia," tegasnya.

M Jamin juga menegaskan, adapun prioritas pembangunan Nagan Raya tahun 2019 menitik-beratkan terhadap peningkatan syiar Islam.

Misalnya diarahkan terhadap kemakmuran masjid, lembaga keagamaan, pemberdayaan pesantren, peningkatan pemberdayaan dan pedampingan perekonomian kelompok masyarakat dan UKM.

Baca: Sempat Dikira Bom, Ternyata Ledakan Dari Barang Ini yang Menggegerkan Warga di Nagan Raya

Termasuk peningkatan akses infrastruktur, pengembangan kawasan jalan, jembatan, irigasi, potensi komunitas permukiman baru, sarana air berisi dan sanitasi serta pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

Bupati M jamin juga mengatakan, dalam kepemimpinannya selama lima tahun ke depan, pihaknya juga akan mengembangkan Darul Makmur, dengan sejumlah pengembangan sesuai Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) pada tahun 2018.

Baca: Lagi, 30 Hektare Areal Sawah di Nagan Raya Gagal Panen, Padi Menghitam

Sedangkan untuk tahun 2019 akan direncanakan pembangunan akses jalan elak sebagai strategi pengembangan kawasan dan rencana pembangunan rumah sakit pratama di Darul Makmur.

"Ini berguna untuk meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat yang lebih berkualitas, nyaman dan bernuansa islami," ujarnya.(*)

Penulis: Dedi Iskandar
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help