Setelah Jembatan Beton Ambruk Diterjang Banjir, BPBK Abdya Bangun Jembatan Darurat

Warga, terutama siswa/i SMP dan SMA/SMK asal Desa Gudang kewalahan menjangkau lokasi sekolah di kawasan Susoh dan Blangpidie

Setelah Jembatan Beton Ambruk Diterjang Banjir, BPBK Abdya Bangun Jembatan Darurat
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (14/3/2018), membangun jembatan darurat di lokasi jembatan putus yang menghubungkan Desa Gudang, Kecamatan Blangpidie dengan Desa Cot Mancang, Kecamatan Susoh. Jembatan beton antardesa itu ambruk diterjang banjir, Sabtu dinihari, lalu. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Jembatan beton yang menghubungkan Desa Gudang, Kecamatan Blangpidie dengan Desa Cot Mancang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), ambruk diterjang banjir, Sabtu (10/3/2018) dinihari lalu.

Pascaperistiwa itu, arus transportasi antardesa tersebut terputus.

Warga, terutama siswa/i SMP dan SMA/SMK asal Desa Gudang kewalahan menjangkau lokasi sekolah di kawasan Susoh dan Blangpidie.

Baca: Sisa Beton Jembatan yang Ambruk ke Sungai di Abdya Mulai Dibersihkan

Mengatasi persoalan tersebut sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, mulai Selasa (13/3/2018) membangun jembatan darurat di lokasi jembatan putus tersebut.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin SPd dihubungi kepada Serambinews.com, Rabu (14/3/2018) menjelaskan, pekerjaan pemancangan tiang dari batang kelapa dengan bantuan alat berat, jenis beko loder sudah selesai Selasa sore.

“Pekerjaan hari ini (Rabu) adalah pemasangan lantai jembatan dari papan,” katanya.

Baca: Diberitakan Coba Bunuh Diri ke Laut, Wanita Abdya Ini Jelaskan Kronologi Berbeda Seperti Dalam Film

Jembatan darurat tersebut nantinya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua (sepeda motor) atau paling-paling bisa dilintasi kendaraan becak mesin.

Sedangkan kendaraan roda empat (mobil) harus memutar melintasi jalur kawasan Desa Cot Mancang menuju Desa Baharu (Babah Lhok), Kecamatan Blangpidie atau Desa Robek Meupayong, Kecamatan Susoh.

Kemudian kendaraan mobil dari Desa Gudang menuju Desa Alue Mangota, Kecamatan Blangpidie dan sebaliknya.

Baca: Bupati Akmal Ibrahim Mutasi Besar-besaran Pejabat Abdya, 107 Orang Dilantik dan 56 Nonjob

Pembangunan jembatan darurat di lokasi dapat dilaksanakan setelah tuntas pekerjaan pembersihan sisa beton jembatan yang ambruk ke dalam sungai.

Pekerjaan pembersihan sisa beton tuntas dilaksanakan Senin sore dengan bantuan alat berat, jenis beko (excavator) yang dipinjam BPBK dari Dinas Perkim dan LH (Pemukiman Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup) Abdya.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved