Tafakur

Tak Seorangpun Lepas Tanggung Jawab

Umumnya kita merasa takut diperiksa oleh pihak pengadilan. Takut ketahuan hal-hal yang memalukan

Tak Seorangpun Lepas Tanggung Jawab
Tafakur

Oleh: Jarjani Usman

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula” (QS. Al Zalzalah: 8).

Umumnya kita merasa takut diperiksa oleh pihak pengadilan. Takut ketahuan hal-hal yang memalukan, seperti perbuatan berdosa yang pernah dilakukan. Meskipun demikian, tak seorangpun bisa berlepas diri dari tanggung jawab, termasuk perbuatan berdosa kecil.

Allah memastikan bahwa sekecil apapun perbuatan berdosa yang pernah dilakukan hambaNya, akan ditampakkan dan dibalas setimpal di akhirat kelak. Juga disebutkan dalam suatu hadits: “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba (pada hari kiamat) sehingga ia ditanya tentang umurnya digunakan untuk apa, tentang ilmunya apa yang ia lakukan, tentang hartanya dari mana ia peroleh dan digunakan untuk apa, dan tentang fisiknya mengapa ia menyia-nyiakannya” (HR. Tirmidzi).

Di dalam Alquran juga diingatkan tentang keharusan mempertanggungjawabkan penggunaan seluruh anggota tubuh sewaktu masih hidup di dunia. Pertanggung jawaban tangan, kaki, mata, telinga, hati, dan lain-lain ke mana pernah digunakan. Jadi, kesempatan hidup ini diberikan bukan untuk hal yang sia-sia, walaupun banyak di antara kita yang menyia-nyiakan hidup.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help