PKA Ke 7 Tahun 2018

VIDEO – Semarak Pembukaan PKA ke-7 Tahun 2018

Puluhan ribu orang memadati stadion kebanggan masyarakat Aceh, untuk menyaksikan rangkaian acara pembukaan PKA ke-7.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 telah dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Dr Muhajir Effendi, di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018) malam.

Puluhan ribu orang memadati stadion kebanggan masyarakat Aceh, untuk menyaksikan rangkaian acara pembukaan PKA ke-7.

Mendikbud dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tidak bisa hadir ke Aceh, untuk membuka PKA ke-7 sebagaimana dijadwalkan semula.

Pada pembukan even megah ini juga ditampilkan video maping dan tarian massal dari penari dan para aktor teater di Aceh.

Menteri Pendidikan, Prof Muhadjir Effendy bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, dan Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Amiruddin memukul beduk tanda dibukanya even empat tahunan Pekan Bebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018).
Menteri Pendidikan, Prof Muhadjir Effendy bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, dan Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Amiruddin memukul beduk tanda dibukanya even empat tahunan Pekan Bebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018). (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

(Baca: Menikmati PKA Melalui Aplikasi Android)

(Baca: Gemerlap Kerawang Gayo dan Harum Kopi)

Sekitar 30.000 undangan dan pengunjung dari berbagai daerah menyaksikan pembukaan perhelatan budaya paling akbar se-Aceh tersebut.

Decak kagum penonton tak bisa disembunyikan saat berbagai aktraksi budaya dan tradisi disuguhkan secara apik dan menawan.

Acara pembukaan tadi malam diawali dengan tabuhan rapa-i pasee yang dimainkan oleh puluhan orang diselingi dengan syair wamulee yang dilantunkan oleh penyanyi Aceh, Joel Pasee.

Kemudian, giliran penyanyi muda Aceh, Syahrial Amoba yang membawakan theme song PKA VII yang begitu merdu diiringi musik tradisi dan modern.

Sayup-sayup sahutan penonton juga terdengar serempak saat theme song dinyanyikan Rial. Selanjutnya, peserta PKA dari 23 kabupaten/kota di Aceh melakukan defile.

Menteri Pendidikan, Prof Muhadjir Effendy bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi istri, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Amiruddin, dan Ketua PKK Aceh Darwati A Gani melambaikan tangan kepada defile kontingen dari 23 kabupaten/kota  pada malam pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018).
Menteri Pendidikan, Prof Muhadjir Effendy bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi istri, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Amiruddin, dan Ketua PKK Aceh Darwati A Gani melambaikan tangan kepada defile kontingen dari 23 kabupaten/kota pada malam pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018). (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

(Baca: Gajah Putih dan Bendera Kerajaan Linge Ramaikan Pawai PKA  )

Mereka mengenakan pakaian adat dan pakaian khas lainnya dari daerah masing-masing.

Halaman
12
Penulis: RA Karamullah
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved