Konsul AS Bahas Aceh dengan Ketua Fraksi PA

Konsul Jenderal Amerika Serikat (AS) untuk Sumatera yang berkantor di Medan, Juha P Salin, Senin (6/8) siang, bertemu

Konsul AS Bahas Aceh dengan Ketua Fraksi PA
KETUA Fraksi PA di DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky (kanan) menerima kunjungan Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk Sumatera Juha P Salin dan staf, Hasyim Widhiarto di ruang kerjanya, Senin (6/8). 

BANDA ACEH - Konsul Jenderal Amerika Serikat (AS) untuk Sumatera yang berkantor di Medan, Juha P Salin, Senin (6/8) siang, bertemu dengan Ketua Fraksi Partai Aceh di DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Ketua Fraksi PA tersebut sekitar satu jam lebih.

Dalam pertemuan itu, Juha P Salin yang didampingi staf konsulat Hasyim Wihiarto banyak berdiskusi isu politik teraktual di Aceh dan kondisi keamanan Aceh pascaperdamaian. Termasuk isu ekonomi, sosial, pendidikan, dan perkembangan parlemen Aceh.

Dalam diskusi itu, Iskandar Usman menjelaskan bahwa Aceh saat ini semakin aman untuk dikunjungi. Dia juga menjelaskan bahwa sistem perpolitikan di Aceh juga sudah semakin membaik, terutama pada saat Pilkada. “Saya juga menyampaikan soal perkembangan dan penguatan perdamaian Aceh,” katanya.

Menurut Iskandar, pembicaraan juga melebar ke investasi di bidang perikanan kelautan, perkebunan, hingga kerja sama pendidikan. “Kita mengharapkan pihak Mr Juha untuk menghidupkan pelabuhan perikanan di Idi Aceh Timur dan Lampulo Banda Aceh, sehingga hasil tangkapan bisa diekspor sendiri oleh nelayan kita,” ujarnya.

Iskandar juga meminta Juha untuk membantu Aceh mengembangkan investasi di bidang perkebunan. “Bagaimana mencari formula supaya pabrik bisa dibangun untuk kawasan regional di Aceh. Baik untuk olahan ubi racun, jagung, sagu, dan komoditas perkebunan lainnya,” ungkap mantan aktivis mahasiswa ini.

Di depan Konsul AS untuk Sumatera itu, politisi muda Partai Aceh ini menekankan betapa pentingnya iklim investasi untuk Aceh saat ini. Selain untuk menyerap tenaga kerja, menurut Iskandar, juga bisa menekan angka kriminalitas yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Selain itu, Iskandar yang juga Wakil Sekjend DPA Partai Aceh mendorong pihak AS membantu anak-anak Aceh yang ingin melanjutkan studi ke AS melalui beasiswa penuh. “Beliau menyambut baik apa yang kami sampaikan untuk kemajuan kita bersama,” demikian Iskandar Usman Al-Farlaky.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help