VIDEO - Orangutan Ditemukan tak Jauh dari Pemukiman Warga

Menurut data dilapangan, orangutan yang oleh masyarakat kini dinamai “Cut Mei” ini berumur sekitar 15 tahun, dengan bobot 35 Kilogram.

VIDEO - Orangutan Ditemukan tak Jauh dari Pemukiman Warga
SERAMBI FOTO/YULHAM
Petugas mengevakuasi orangutan (Pongo Abelli) yang diberinama "Cut Mei" di Hutan Gambut Gampong Geulanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya, Jumat (3/8). Orangutan berjenis kelamin betina dan berusia sekitar 15 tahun itu ditemukan dalam kondisi malnutrisi oleh masyarakat setempat di lokasi yang terisolir dan jauh dari sumber makanannya di dalam hutan gambut tersebut. Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh (BKSDA), Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP), Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dan masyarakat akan merelokasi Cut Mei ke pusat reintroduksi Orangutan Sumatera di Jantho, Aceh Besar. YULHAM

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Seekor Orangutan ditemukan tak jauh dari pemukiman warga kawasan hutan gambut Desa Geulanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya, Jumat (03/08/2018).

Hewan dilindungi ini terlihat berlindung di salah satu pohon dengan ketinggian sekira 25 meter.

Oleh masyarakat, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan aktivis peduli lingkungan, diambil keputusan untuk melakukan evakuasi.

Baca: Semangat Baru Lantak Laju

Baca: Penganiaya Putri Ayu Ditangkap

Baca: VIDEO - Pawai Kebudayaan se Aceh Meriahkan PKA

Proses evakuasi orangutan berjenis kelamin betina ini memakan waktu hampir 2 jam. Tim menembakan peluru bius, sambal berupaya agar orangutan terhindar dari cidera.

Menurut data dilapangan, orangutan yang oleh masyarakat kini dinamai “Cut Mei” ini berumur sekitar 15 tahun, dengan bobot 35 Kilogram.

Diduga, Cut Mei mengalami malnutrisi akibat terisolir dari lokasi sumber makanan. Data lainnya menyebut, sejak 2010 silam 27 orangutan sudah di evakuasi yang selanjutnya di bawa ke pusat reintroduksi orangutan Sumatra, di Jantho, Aceh Besar.

Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help