Pantai Lampuuk Masih Tutup, Ratusan Pengunjung Kecewa

setelah libur sepekan dalam rangka Idul Idha, maka seluruh pantai di Kecamatan Lhoknga akan dibuka kembali untuk umum

Pantai Lampuuk Masih Tutup, Ratusan Pengunjung Kecewa
SERAMBINEWS.COM/YARMEN DINAMIKA
Warga ramai rekreasi ke Pantai Pulau Kapuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, sejak Sabtu dan Minggu (26/8/2018) petang, karena Pantai Lampuuk dan sejumlah resor wisata lainnya di kawasan itu masih ditutup untuk umum dalam rangka libur Idul Adha 1439 Hijriah selama sepekan. 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ratusan pengunjung yang ingin rekreasi ke pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar sejak Sabtu kemarin hingga Minggu (26/8/2018) hari ini kecewa.

Karena pantai wisata itu ternyata masih tutup sehubungan dengan libur Lebaran Idul Adha 1439 Hijriah.

Karena merasa kecewe, para pengunjung yang umumnya naik mobil dan sepeda motor (sepmor) itu akhirnya beralih ke pantai yang sudah buka untuk umum pada hari keempat dan kelima Idul Adha, yakni Pantai Pulau Kapuk dan Pantai Lhoknga.

Baca: Menunggangi Kuda, Polisi Aceh Besar Patroli di Sepanjang Pantai Lhoknga

Warga ramai rekreasi ke Pantai Pulau Kapuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, sejak Sabtu dan Minggu (26/8/2018) petang, karena Pantai Lampuuk dan sejumlah resor wisata lainnya di kawasan itu masih ditutup untuk umum dalam rangka libur Idul Adha 1439 Hijriah selama sepekan.
Warga ramai rekreasi ke Pantai Pulau Kapuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, sejak Sabtu dan Minggu (26/8/2018) petang, karena Pantai Lampuuk dan sejumlah resor wisata lainnya di kawasan itu masih ditutup untuk umum dalam rangka libur Idul Adha 1439 Hijriah selama sepekan. (SERAMBINEWS.COM/YARMEN DINAMIKA)

Alhasil, ratusan wisatawan yang datang dari Banda Aceh dan luar Banda Aceh dalam dua hari terakhir ke kawasan Lhoknga terkonsentrasi hanya di Pantai Pulau Kapuk dan Pantai Lhoknga.

Pantai Pulau Kapuk hanya berjarak sekitar 2 km ke arah timur Pantai Lampuuk dan dipisahkan oleh sebuah sungai, yakni Krueng Raba.

Di sinilah mereka mandi-mandi, minum kelapa muda, makan mi instan rebus, atau menikmati bekal makan siang yang dibawa dari rumah, karena belum ada yang jualan nasi atau ikan bakar seperti biasanya.

Untuk masuk ke Pantai Pulau Kapuk, sejak Sabtu pagi hingga Minggu siang sejumlah warga setempat yang berjaga di dekat Pos Pengawas Pantai milik TNI AL mengenakan tarif kepada pengunjung Rp 5.000 per orang, termasuk biaya parkir kendaraan.

Baca: Ketika Bule Brazil Bilang ke Irwandi Bahwa Pantai Lhoknga Surga Surfing Dunia yang Tersembunyi

Petugas jaga hanya memberikan secarik tiket masuk kepada pengunjung yang angka nominalnya tertera Rp 5.000 per orang. Tapi tiket bercetak warna hijau daun itu tidak berlogo dan tak berstempel apa pun.

Pemilik Wisma Andalas, salah satu resor wisata di kawasan itu, Drs Anwar TM Ali yang ditanyai Serambinews.com, Minggu siang, membenarkan bahwa hingga Minggu hari ini Pantai Lampuuk masih ditutup untuk kunjungan wisatawan.

Malah, menurut Anwar TM Ali dan rekannya, Iwan, yang masih ditutup dari kunjungan wisatawan bukan cuma Pantai Lampuuk, tapi juga resor wisata lainnya, seperti Joel's Bungalow dan Dian Rana Resort.

Ditutupnya pantai wisata di kawasan itu selama satu minggu Idul Adha, kata Anwar TM Ali, merupakan kebijakan dari Mukim Lhoknga bersama tokoh pemuda setempat.

Baca: Tutup Selama Lebaran, Pantai Lampuuk Dibuka kembali Minggu Ini

"Ini dalam rangka menghormati Idul Adha sebagai Hari Raya Kurban sekaligus hari besar umat Islam," kata Anwar TM Ali, mantan kepala Tata Usaha Pimpinan saat Aceh dipimpin Gubernur Abdullah Puteh.

Menurutnya, setelah libur sepekan dalam rangka Idul Idha, maka seluruh pantai di Kecamatan Lhoknga akan dibuka kembali untuk umum.

"Ya, hari Kamis ini sudah buka lagi. Dengan demikian, pengunjung bisa lagi menikmati liburan di Pantai Lampuuk dan di berbagai resor lainnya dalam Kecamatan Lhoknga saat weekend minggu depan," demikian Anwar. (*)
 

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved