‘Aceh Lon Sayang’ Juara II Nasional

Film dokumenter dengan judul ‘Jalan Kelam: Aceh Lon Sayang’, karya siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh

‘Aceh Lon Sayang’ Juara II Nasional
ist
SMA Negeri 10 Fajar Harapan menggelar acara pentas seni yang berlangsung 10-15 September 2018 di sekolah setempat. 

* Film Dokumenter Karya Siswa SMA Farhan

BANDA ACEH - Film dokumenter dengan judul ‘Jalan Kelam: Aceh Lon Sayang’, karya siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh meraih juara II Nasional dalam ajang Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) 2018. Lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI itu berlangsung 3-6 Oktober 2018 di Jakarta.

Dalam lomba itu, SMA Fajar Harapan diwakili Muhammad Irsyad, Muhammad Akmal Chumaidy dan Amira Batrisyiya Ghassani Mirza. Serta tiga guru pendamping yaitu Raudhatul Jannah SPd, Kiki Sanjani SPd dan Azad Riski SPd. Untuk diketahui, SMA Fajar Harapan sudah beberapa kali berpartisipasi dalam lomba tersebut.

“Ide itu kami kreasikan, dikarenakan banyaknya remaja di zaman milenial sekarang yang sudah lupa akan sejarah bangsanya sendiri. Dan hal tersebut bukanlah untuk mengungkit luka lama, melainkan untuk membuka lembaran baru agar hal serupa tidak lagi terulang di masa yang akan datang,” ungkap Irsyad.

Raudhatul Jannah, seorang guru pendamping menjelaskan, untuk meraih juara dua nasional itu siswanya sudah melewati berbagai proses dan tahapan seleksi. Lomba itu dimulai sejak Maret 2018, yaitu tahap pengiriman proposal.

Awalnya mereka lolos sebagai 20 karya dengan sinopsis terbaik untuk regional Sumatera atau 60 besar tingkat nasional. Kemudian mereka diberikan pelatihan perekaman di Medan, lalu dilanjutkan proses produksi di lokasi yangs esuai dengan sinopsis film.

Tim Farhan melakukan proses perekamannya tidak hanya di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar saja, tetapi juga melakukan perekaman di Rumoh Geudong, Pidie,” jelas Raudhatul Jannah.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Muhibbul Khibri MPd mengatakan, prestasi yang diraih para siswanya itu merupakan kreatifitas yang sangat membanggakan sekolah.

“Dengan prestasi ini semoga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menyeimbangkan antara pembelajaran akademik dengan ekstrakurikuler,” tandasnya.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved