Dinas Pendidikan Abdya Genjot Kapasitas Guru, Ini Metode yang Disarankan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdya berupaya menggenjot kapasitas guru SD dan SMP di daerah itu, dengan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas.

Dinas Pendidikan Abdya Genjot Kapasitas Guru, Ini Metode yang Disarankan
Serambinews.com
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdya, Jauhari SPd berdialog dengan guru saat meninjau pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kamis (6/12/2018). 

Laporan Rahmat Saputra l Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berupaya menggenjot kapasitas guru SD dan SMP di daerah itu.

Upaya itu dilakukan dengan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas guru, Kamis (6/12/2018), yang tujuannya  adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten itu.

"Dari MGMP, diikuti oleh para guru SMP sebanyak 290 guru, dalam pelatihan itu mereka dilatih langsung oleh dosen dari Unsyiah. Sementara untuk KKG,  pesertanya guru SD sebanyak 414 guru, dan pematerinya adalah para akademisi dan guru SMP dan SMA di Abdya,” Kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdya, Jauhari SPd.

Baca: Para Pelajar yang Bertaruh Nyawa Untuk Sampai ke Sekolah

Baca: Kejari Abdya Tahan Dua Tersangka E-Learning

Dalam pelatihan ini, metode yang disarankan untuk meningkatkan kapasitas guru antara lain, para guru harus lebih sering melakukan diskusi membahas mata pelajaran dan kumpulan soal ujian nasional yang masuk pada kurikulum 2013.

"Jadi, setiap mata pelajaran yang sulit, harus lebih sering dibahas bersama. Dengan cara seperti ini, guru pun bisa memberikan pemahaman yang baik dan mudah dimengerti oleh siswa," kata Jauhari.(*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved