Pikachu Beneran Ditemukan di Australia, Begini Wujudnya

Siapa sangka, Pikachu, karakter menggemaskan ini sebenarnya hidup di dunia nyata dan bisa ditemukan di Australia.

Pikachu Beneran Ditemukan di Australia, Begini Wujudnya
Kompas.com
Beginilah rupa posum berwarna emas yang sangat mirip dengan karakter Pikachu dalam serial Pokemon 

SERAMBINEWS.COM - Mendengar kata Pikachu mungkin bayangan kita langsung tertuju pada serial animasi Pokemon berwarna kuning menggemaskan yang punya kekuatan mengeluarkan listrik.

Siapa sangka, karakter menggemaskan ini sebenarnya hidup di dunia nyata dan bisa ditemukan di Australia.

Kalau saja masyarakat yang melihat hewan ini tidak membawanya ke Boronia Veterinary Clinic and Animal Hospital (BVCAH), Melbourne, mungkin kita tidak akan tahu bahwa Pikachu menggemaskan itu sungguh nyata.

Sebenarnya hewan itu adalah posum atau marsupial berwarna kuning yang sangat langka. Usianya baru lima bulan, dan kemungkinan besar ia jatuh dari punggung ibunya sebelum keduanya berpisah.

Mengingat bentuknya yang sangat mirip Pikachu, tim medis BVCAH yang merawatnya akhirnya memberinya nama sama seperti karakter di serial Pokemon.

"Kami baru-baru ini menemukan posum yang sangat istimewa di klinik. Meski warna cerahnya sangat spesial bagi kita, namun hal ini membuat mereka menjadi sasaran para predator," tulis BVCAH di akun Facebooknya.

Baca: Belajar dari Australia tentang Manfaat Ganja

Dilansir IFL Science, Kamis (6/12/2018), Pikachu merupakan bagian dari spesies brushtail possum yang sering dijuluki posum emas.

Kulit dan rambut kuning-oranyenya disebabkan oleh mutasi genetik yang membuatnya kekurangan melanin. Ini merupakan pigmen yang juga bertanggung jawab untuk warna mata, rambut, dan kulit manusia.

Sebagai hewan nokturnal, warnanya yang terang membuatnya menjadi sasaran empuk bagi burung hantu.

Sadar menjadi sasaran empuk, posum emas lebih banyak ditemukan di Tasmania, tempat aman dengan sedikit predator. Saat ini Pikachu telah menjalani pemeriksaan dan ditempatkan di penangkaran.

Baca: Demam Burung Hantu Melanda Warga Pidie Jaya, Ini Fakta Unik Manfaatnya Bagi Hidup Manusia

Menurut Dokter hewan Dr Stephen Reinisch, pihaknya akan terus memantau perkembangan kesehatan Pikachu agar suatu saat siap dilepaskan lagi ke alam liar.

Sebenarnya posum merupakan hewan yang sangat teritorial. Hal ini mungkin akan membuat Pikachu sulit dilepaskan ke alam setelah tinggal di penangkaran cukup lama.

"Jika Pikachu sudah aktif kembali, dia mungkin akan dibebaskan ke alam liar. Namun kalau dia masih cemas, mungkin kita akan menempatkan di penangkaran untuk waktu yang cukup lama," ujar Reinisch.

Menurut BVCAH, jika Pikachu akhirnya tidak dilepaskan ke alam liar, kemungkinan ia akan dipindahkan ke suatu penangkaran yang ada di Australia.(*)

Editor: Taufik Hidayat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved