Tersangka dari Pihak Rekanan Kasus Sapi belum Ditetapkan

Penyidik Polres Lhokseumawe sudah merampungkan keterangan semua saksi untuk penetapan tersangka

Tersangka dari Pihak Rekanan Kasus Sapi belum Ditetapkan
ARI LASTA IRAWAN, Kapolres Lhokseumawe

LHOKSUKON - Penyidik Polres Lhokseumawe sudah merampungkan keterangan semua saksi untuk penetapan tersangka dari pihak rekanan pengadaan ternak di Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian (DKPP) Lhokseumawe. Namun, penetapan tersangka masih harus menunggu gelar perkara kasus tersebut.

Sebelumnya sudah ditetapkan tiga tersangka dari unsur pemerintah yaitu Dahliana (47) Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Ismunazar (43) Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan M Rizal Kepala DKPP Lhokseumawe. Saat ini ketiganya sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Banda Aceh.

Seperti diberitakan, Pemko Lhokseumawe melalui DKPP setempat memplot dana Rp 14,5 miliar dalam APBK 2014 untuk pengadaan ternak sapi yang akan dibagikan untuk puluhan kelompok peternak di Kota Lhokseumawe.

Namun, pada akhir 2015, pihak kepolisian menemukan adanya indikasi korupsi dalam proyek tersebut sehingga mulai melakukan penyelidikan. Akhirnya ditemukan data adanya dugaan pengadaan sapi fiktif.

“Pemeriksaan saksi sudah selesai, penyidik sudah memeriksa saksi dari unsur pemerintahan, kemudian dari pihak rekanan dan juga termasuk ketiga tersangka yang sudah ditetapkan sebelumya dalam kasus tersebut,” ujar Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Reskrim, Iptu Riski Andrian kepada Serambi, Minggu (9/12). Selain itu penyidik juga sudah memeriksa saksi ahli untuk rekanan Bireuen Vision.

Namun, kata Kasat Reskrim pihaknya belum bisa menetapkan tersangka dari pihak rekanan karena belum gelar perkara. “Jadi untuk menetapkan tersangka, kita akan gelar perkara dulu,” katanya. Direncanakan gelar perkara akan dilakukan antara akhir 2018 atau awal 2019 untuk satu rekanan dulu. Sedangkan untuk rekanan yang lain jika memenuhi unsur juga akan ditetapkan, tapi pihaknya belum bisa memastikan tersangka lain dari pihak rekanan dalam kasus itu.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved