Lintasan Galus-Agara Longsor

Arus transportasi dari Kabupaten Gayo Lues (Galus) ke Aceh Tenggara (Agara) kemarin sempat lumpuh total

Lintasan  Galus-Agara  Longsor
Syifa Yulinnas
Pengendara motor melintas di jalan lintas Aceh Tengah Ð Gayo Lues yang longsor di Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, Aceh, Kamis (29/11/2018). Kondisi jalan yang amblas tersebut dapat mengancam keselamatan pengguna jalan karena kawasan tersebut sering diselimuti kabut saat malam hari. 

BLANGKEJEREN - Arus transportasi dari Kabupaten Gayo Lues (Galus) ke Aceh Tenggara (Agara) kemarin sempat lumpuh total akibat longsor yang terjadi di empat lokasi terpisah di sepanjang jalan nasional tersebut, Jumat (14/12).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Serambi, longsor terjadi di kawasan Karang Anyar, Km 15, dan di kawasan tikungan Aman Laut di Kecamatan Blangkejeren, selanjutnya di kawasan Desa Tetumpun, Kecamatan Putri Betung.

Kapolres Galus melalui Kapolsek Putri Betung, Ipda Hery Budi, kepada Serambi, Jumat (14/12), mengatakan, longsor terjadi mulai sejak Kamis (13/12) malam atau sekitar pukul 23.00 WIB. Longsor paling parah terjadi di kawasan Desa Tetumpun Putri Betung.

“Arus transportasi mengalami lumpuh total sekitar 14 jam, dari pukul 23.00 WIB kemarin dan baru normal sekitar pukul 13.00 WIB tadi,,” sebutnya.

Kapolsek mengatakan, saat ini material longsor di Tetumpun sudah dibersihkan dan kendaraan sudah bisa lewat. Namun untuk material longsor di lokasi lainnya seperti di Km 15 dan Karang Anyar serta tikungan Aman Laut belum dibersihkan, sehingga kendaraan dialihkan melalui jalan alternatif lewat Agusen Blangkejeren.

Oprit jembatan
Derasnya arus Sungai Alas di Agara juga telah membuat oprit jembatan Mbarung di Kecamatan Babussalam amblas ke sungai. Akibatnya, jalan yang tersisa hanya sekitar 1 meter dan hanya bisa dilintasi kenderaan roda dua.

“Hujan deras menguyur mengakibatkan Sungai Alas mengamuk dan menghantam opprit jembatan Mbarung hingga putus,” ujar warga, Syamsul, kepada Serambi.

Bupati Agara, Raidin Pinim, mengatakan, opprit jembatan Mbarung yang putus itu harus ditangani secepatnya. Hal ini langsung direspons oleh Kepala Dinas PUPR, Rasid Efendi ST. “Opprit jembatan Mbarung itu akan segera kita perbaiki,” jawabnya.(c40/as)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved