Jangan Sampai Terlewat, Gerhana Bulan Pertama Tahun 2019 Jatuh Pada Bulan Januari, Catat Tanggalnya

Selain gerhana matahari, ternyata pada bulan Januari ini akan terjadi peristiwa gerhana lainnya, lo, yaitu gerhana bulan.

Jangan Sampai Terlewat, Gerhana Bulan Pertama Tahun 2019 Jatuh Pada Bulan Januari, Catat Tanggalnya
Fenomena "Supermoon" diabadikan dari Masjid di Gampong Pango Raya, Banda Aceh, Senin (14/11) malam. Fenomena alam supermoon terjadi saat bulan mencapai titik terdekat dengan bumi dalam kondisi penuh atau purnama. SERAMBI/BUDI FATRIA 

SERAMBINEWS.COM - Di awal Januari lalu, tepatnya pada 6 Januari, ada peristiwa gerhana matahari yang terjadi, teman-teman.

Selain gerhana matahari, ternyata pada bulan Januari ini akan terjadi peristiwa gerhana lainnya, lo, yaitu gerhana bulan.

Gerhana bulan yang akan terjadi di awal tahun ini termasuk peristiwa langit yang cukup spesial, nih, teman-teman. Itu karena gerhana bulan ini disebut juga sebagai fenomena Supermoon.

Supermoon adalah peristiwa langit saat Bulan berada dalam jarak tredekatnya dengan Bumi, dan peristiwa langit ini selalu terjadi saat Bulan sedang dalam tahap purnama.

Baca: Setelah 16 Tahun Dipisahkan oleh Penjara, Ibu dan Anak Palestina Ini Bersatu Hanya Sesaat

Baca: Daftar Fenomena Langit Indonesia Tahun 2019, Gerhana Bulan hingga Gerhana Matahari, Catat Tanggalnya

Baca: Di Turki, Batman Menjadi Nama Kota dan Provinsi

Nah, ini artinya saat supermoon sedang berlangsung, kita bisa melihat bulan purnama lebih terang dan juga lebih dekat dari biasanya, teman-teman.

Pada 21 Januari mendatang, fenomena supermoon pertama di tahun ini akan kembali terjadi dan Bulan akan berada di jarak sekitar 357 kilometer saja dari Bumi, lo!

Gerhana bulan ini sebenarnya dapat dilihat dari negara manapun saat malam hari dan langit cerah, teman-teman.

Tapi di beberapa tempat, gerhana bulan akan terlihat secara utuh. Di tempat lain, Bulan akan terlihat terbit atau tenggelam selama gerhana terjadi.

Pada gerhana bulan supermoon yang akan terjadi 21 Januari mendatang, wilayah yang bisa menyaksikan supermoon dengan baik adalah Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan sebagian wilayah Asia.

Baca: Ustaz Arifin Ilham Menulis Pesan Soal Kematian di Facebook, Doa dan Tangis Banjiri Akunnya

Baca: Kisah Warga Aceh yang Hendak ke Malang, Bikin 4 Paspor Agar Bisa Hemat Rp 20 Juta

Sayangnya, meskipun beberapa wilayah di Asia dapat menyaksikan supermoon ini, ternyata Indonesia bukan salah satu negara yang beruntung bisa menyaksikan supermoon, nih, teman-teman.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved