Tak Ada Ide Baru, Debat Capres Mengecewakan, Lebih Buruk dari Debat Anak SMA

Debat perdana Pemilu Presiden 2019 pada Kamis (17/1/2019) malam yang diikuti dua pasangan calon presiden calon wakil presiden dinilai mengecewakan.

Tak Ada Ide Baru, Debat Capres Mengecewakan, Lebih Buruk dari Debat Anak SMA
Tribunnews/JEPRIMA
Dalam debat Pilpres 2019, Kubu Jokowi-Ma'ruf klaim lebih unggul dari kubu Prabowo-Sandi. Sementara itu, Kubu Prabowo-Sandi sesalkan serangan personal Jokowi kepada Prabowo. 

SERAMBINEWS.COM - Debat perdana Pemilu Presiden 2019 pada Kamis (17/1/2019) malam yang diikuti dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berakhir dengan bermacam kesan, terutama di media sosial.

Debat yang mengangkat tema mengenai penegakkan HAM, pemberantasan korupsi dan terorisme itu berlangsung lancar meski kedua pasangan menjawab pertanyaan moderator dalam beberapa kesempatan dengan membaca teks yang disiapkan masing-masing tim.

Tim dari kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden saling mengklaim unggul dalam debat.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma'ruf Amin Ace Hasan mengatakan calon petahana memberikan jawaban komprehensif dalam debat yang mengangkat tema mengenai hukum serta pemberantasan korupsi.

"Dengan mengangkat Badan Legislasi Nasional untuk menjawab persoalan tumpah tindih UU, menekankan pembangun sistem untuk menutup peluang korupsi, rekrutmen dengan sistem merit serta meningkatkan pengawasan. Ini memperlihatkan taktik Prabowo-Sandi gagal total," ujar Ace Hasan di Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Baca: Momen-momen Lucu di Tengah Debat Perdana Pilpres 2019 yang Berjalan Alot

Baca: Cek Fakta dari Debat Pilpres: Luas Malaysia Versi Prabowo hingga Anak Jokowi Tak Lolos Tes CPNS

Sementara itu, dari pihak pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai debat yang ditampilkan jagoannya sesuai dengan ekspektasi.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ahmad Muzani mengatakan meski sesuai harapan namun dia menyesalkan adanya serangan yang dilakukan kubu lawan.

"Katanya tidak serang personal tapi sejak awal Prabowo konsisten tidak lakukan serangan balik baik parpol atau personal," ujar Muzani.

Meski menurut kedua kubu, debat tersebut berjalan sukses, namun tampaknya tidak bagi netizen yang belum menentukan pilihan atau swing voters.

Baca: Kecewa Paslon Bawa Contekan saat Debat Pilpres 2019, Fahri Hamzah: KPU Menipu Kita!

Baca: Mantan Komisioner KPU: Aneh, Pertanyaan Debat Pilpres Disampaikan Lebih Dulu ke Capres & Cawapres

Berdasarkan pantauan Pendiri Drone Emprit mesin analisis media sosial, Ismail Fahmi, warga media sosial yang netral kecewa dalam format debat buatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut karena tidak menunjukkan kemampuan dan keahlian dari masing-masing pasangan calon.

Halaman
123
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved