Apa yang Dimaksud dengan Pemilih Tambahan, Ini Penjelasan KIP Bireuen

Sosialisasi ini terkait pengisian data pemilih khusus dan pemilih tambahan yang belum ada dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP2).

Apa yang Dimaksud dengan Pemilih Tambahan, Ini Penjelasan KIP Bireuen
Serambinews.com
KIP Bireuen bersama PPK dan PPS dari tujuh kecamatan wilayah barat Bireuen menggelar rapat koordinasi membahas dan teknis penyusunan data pemilih khusus, Sabtu (26/1/2019) 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, Sabtu (26/01/2019) menyosialisasikan teknis penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari tujuh kecamatan di kabupaten itu, di gedung serbaguna, Jeunieb, Bireuen.

Sekretris KIP Bireuen, Saifuddin SH mengatakan, materi sosialisasi ini terkait teknis menelusuri dan  pengisian data pemilih khusus dan pemilih tambahan yang belum ada dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP2).

Ia menjelaskan, pemilih khusus adalah warga yang selama ini mungkin menetap di luar daerah dan kembali ke desa menjelang Pemilu, namun belum tercantum sebagai pemilih. Mereka dikatagorikan sebagai pemilih khusus dan dimasukkan ke dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP2) sebagai pemilih tambahan.

Baca: KIP Tetapkan Data Pemilih Disabilitas di Gayo Lues, Berikut Rinciannya

Baca: Ketua KIP Banda Aceh Ingatkan Relawan Soal Netralitas dalam Pemilu 2019

Baca: Heboh Jenazah yang Sudah Dikafani Dibawa ke RSUD, Diduga Masih Hidup dan Ada Kejanggalan

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua KIP Bireuen, Agusni SP MSi berharap para PPK dan PPS untuk bekerja maksimal melakukan pendataan ke desa-desa menyangkut ada atau tidaknya DPK dimaksud.

“Bila ada, segera masukkan ke dalam daftar pemilih tambahan agar warga tersebut dapat menggunakan hak pilihnya saat pemilihan nanti,” ujar Saifuddin.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved