KIP Bireuen Sosialisasi Penyusunan DPK dan DPTb

Komisis Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, Sabtu (26/1), melakukan rapat koordinasi dan sosialisasi teknis Penyusunan

KIP Bireuen Sosialisasi Penyusunan DPK dan DPTb
Serambinews.com
KIP Bireuen bersama PPK dan PPS dari tujuh kecamatan wilayah barat Bireuen menggelar rapat koordinasi membahas dan teknis penyusunan data pemilih khusus. 

BIREUEN - Komisis Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, Sabtu (26/1), melakukan rapat koordinasi dan sosialisasi teknis Penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari tujuh kecamatan bertempat di gedung serba guna, Jeunieb Bireuen.

Sekretris KIP Bireuen, Saifuddin SH, mengatakan, pertemuan dihadiri ketua dan anggota PPK dari Kecamatan Jeumpa, Peudada, Peulimbang, Jeunieb, Pandrah, Simpang Mamplam dan Samalanga. Selain itu ditambah anggota PPS dari seluruh desa mencapai 225 orang, jumlah seluruhnya 300 orang berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Sosialisasi menyangkut teknis pengisian data pemilih khusus dan pemilih tambahan yang belum ada dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP2). Pemilih khusus katanya, adalah warga Bireuen yang selama ini mungkin menetap di luar Bireuen dan kembali ke desa, namun belum tercantum sebagai pemilih, mereka dikatagorikan pemilih khusus dan menjadi pemilih tambahan.

Pertemuan yang dibuka ketua KIP Bireuen, Agusni SP MSi dihadiri unsur Muspika Jeunieb menekankan kepada para PPK dan PPS untuk bekerja maksimal melakukan pendataan ke desa-desa menyangkut ada tidaknya DPK tersebut. “Bila ada segera masukkan dalam daftar pemilih tambahan dan warga dapat menggunakan hak pilih nantinya,” ujar Saifuddin.

Bagi masyarakat yang belum terdata dan tercatat sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan diharapkan dapat menyampaikan kepada petugas PPS masing-masing desa untuk dicatat sebagai pemilih nantinya dan dapat menggunakan hak pilihnya.

Pertemuan dibagi dua tempat, wilayah barat Bireuen berlangsung di gedung serbaguna Jeunieb, sedangkan wilayah timur akan berlangsung, Minggu (27/1), di gedung serba guna. Pesertanya terdiri dari PPK dan PPS dari Kecamatan Kota Juang, Juli, Kuala, Jangka, Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, Kutablang, Makmur dan Gandapura juga membahas masalah yang sama.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved