Indahnya Masjid Haji Keuchik Leumiek di Tepi Krueng Aceh

Pantulan sinar lampu dan bayangan bangunan masjid terlihat samar-samar di aliran air sungai yang membelah Kota Banda Aceh.

Indahnya Masjid Haji Keuchik Leumiek di Tepi Krueng Aceh
SERAMBINEWS.COM/ZAINAL ARIFIN M NUR
Masjid Haji Keuchik Leumiek di tepi sungai atau Krueng Aceh, di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata. Foto direkam dari Beurawe, awal Januari 2019. 

Indahnya Masjid Haji Keuchik Leumiek di Tepi Krueng Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Berdiri megah di sisi sungai atau Krueng Aceh, di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, masjid bergaya Timur Tengah ini telah menarik perhatian warga Banda Aceh sejak beberapa bulan belakangan.

Pada malam hari, cahaya keindahan masjid ini bisa terlihat jelas dari arah jembatan Beurawe-Simpang Surabaya.

Pantulan sinar lampu dan bayangan bangunan masjid terlihat samar-samar di aliran air sungai yang membelah Kota Banda Aceh.

Menara dan sebagian kubah masjid ini juga menarik perhatian pengguna jalan yang melintas di atas fly over Simpang Surabaya.

Pada, Senin (28/2/2019), masjid yang dibagun oleh keluarga Haji Harun Keuchik Leumiek ini telah resmi dibuka untuk umum.

Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, menandatangani prasasati peresmian masjid H Keuchik Leumiek, di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Senin (28/1/2019).
Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, menandatangani prasasati peresmian masjid H Keuchik Leumiek, di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Senin (28/1/2019). (SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA)

Peresmian masjid ini dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Acara yang dirangkai dengan penyerahan santunan kepada anak yatim ini, dihadiri oleh Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al-Haythar, Kakanwil Kemenag Aceh, M Daud Pakeh, Kasdam IM, Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kapolresta, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, serta sejumlah pejabat Aceh lain, dan seribuan masyarakat.

Masjid H Keuchik Leumiek, di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Senin (28/1/2019).
Masjid H Keuchik Leumiek, di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Senin (28/1/2019). (SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA)

Baca: Sebelum Kembali ke Jakarta, Ibu Ani Minta SBY Temaninya Berkunjung ke Masjid Raya, Ini Alasannya

Dalam sambutannya, Nova menyampaikan apresiasi khusus kepada Harun Keuchik Leumiek dan keluarga yang telah membangun masjid yang indah, tepat di sisi sungai Krueng Aceh.

Harun Keuchik Leumiek adalah salah satu tokoh Aceh yang dikenal luas sebagai saudagar yang bergerak di bidang logam mulia, di bawah bendera Toko Emas Keuchik Leumiek.

Halaman
1234
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved