Sebanyak 43 Auditor Halal MPU Aceh Dilatih, Berikut Tugas-tugasnya

Kegiatan itu dibuka Ketua MPU Aceh, Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA di Aula Serbaguna Tgk H Abdullah Ujong Rimba, Kompleks MPU Aceh, Lampeuneurut,

Sebanyak 43 Auditor Halal MPU Aceh Dilatih, Berikut Tugas-tugasnya
Dok. MPU Aceh
Suasana pelatihan auditor halal MPU Aceh di Aula MPU Aceh, Aceh Besar, Rabu (13/2/2019). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MPU menggelar ‘Pelatihan Sinkronisasi Pengetahuan Teknis Auditor Halal LPPOM MPU Aceh Tahun 2019’.

Kegiatan itu dibuka Ketua MPU Aceh, Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA di Aula Serbaguna Tgk H Abdullah Ujong Rimba, Kompleks MPU Aceh, Lampeuneurut, Aceh Besar, Rabu (13/2/2019). 

Pof Muslim Ibrahim dalam sambutannya bersyukur atas bertambahnya auditor halal LPPOM MPU Aceh, yang sebelumnya hanya berjumlah 10 orang kini menjadi 43 orang.

Dengan penambahan 33 personel yang telah mendapatkan SK itu, diharapkan kerja auditor halal lebih optimal.

“Insya Allah tugas-tugas yang selama ini berat akan menjadi ringan dengan kerja sama kita," ujarnya. 

Baca: MPU Aceh: Hoaks Haram

Baca: Makanan Halal dan Fashion Muslim dari Indonesia Jadi Incaran PM China

Baca: Ini Wasiat Rasulullah Kepada Ali bin Abi Thalib Soal Makanan Halal, Jangan Sampai Buta Hati

Baca: Peringati Milad Ke-5, KWPSI Bahas Akhlak, Ilmu Pengetahuan, Sampai Makanan Halal

Ketua Panitia Pelatihan, Drs Zuljarnaini MPd mengatakan, auditor halal berperan penting dalam proses sertifikasi halal produk.

“Auditor halal berperan sebagai wakil ulama dan saksi untuk menemukan fakta terhadap kegiatan dan proses produksi oleh pelaku usaha,”  kata dia.

Zuljarnaini berharap melalui pelatihan itu kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan auditor secara syar'i terhadap kehalalan produk bisa meningkat.

“Auditor juga harus mampu mendorong pelaku usaha untuk selalu menjaga keamanan dan kehalalan produk yang dihasilkan,” ujarnya. 

Pada acara itu, sebanyak 43 auditor halal LPPOM MPU Aceh juga membacakan ikrar sumpah dalam melaksanakan tugas yang disaksikan Pimpinan MPU Aceh.

Adapun tugas para auditor halal LPPOM MPU Aceh di antaranya memeriksa dan mengkaji bahan, proses pengolahan, sistem penyembelihan, peralatan, ruang produksi, penyimpanan, pendistribusian, hingga penyajian produk. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved