Luar Negeri

Tegur Pemotor Tak Pakai Helm, Polantas di India Bawa Cermin ke Lampu Merah

Kini, Shahi akan selalu membawa sebuah cermin saat bertugas di persimpangan jalan yang ramai

Tegur Pemotor Tak Pakai Helm, Polantas di India Bawa Cermin ke Lampu Merah
(AFP / PRAKASH SINGH)
Polisi lalu lintas di Delhi, Sandeep Shahi (kiri) mengangkat cermin dan mengarahkannya ke seorang pembonceng yang tidak mengenakan helm. 

SERAMBINEWS.COM - Jalanan di India menjadi salah satu jalanan yang paling mematikan di dunia dengan banyaknya angka kecelakaan yang menelan korban jiwa.

Tingginya angka korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas di India tidak lepas dari sikap para pengendara dan pengguna jalan yang kerap tak mematuhi peraturan berlalu lintas, salah satunya dengan tidak mengenakan helm.

Kondisi ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Sandeep Shahi, seorang polisi lalu lintas yang sehari-harinya bertugas di New Delhi.

Baca: Darwati A Gani Terpilih Sebagai Ketua Umum IMKB 2019-2022

Shahi mengaku kerap memberikan helm kepada para pengendara motor yang kedapatan tidak mengenakan pelindung kepala di tengah lalu lintas yang padat dan berbahaya.

Namun belakangan, Shahi menemukan cara yang lebih efektif untuk memperingatkan para pemotor tak berhelm tersebut, yakni dengan menggunakan cermin.

Kini, Shahi akan selalu membawa sebuah cermin saat bertugas di persimpangan jalan yang ramai.

Ketika lampu merah menyala dan dia menemukan ada pengendara motor yang tidak mengenakan helm, maka dia akan mendekati mereka, mengangkat cermin di depan dadanya, hingga wajah si pengendara motor terpantul jelas di cermin.

Baca: Rencana Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Ke Indonesia Ditunda

"Selama empat tahun terakhir, saya telah mencoba membujuk pengendara untuk mau mengenakan helm, tetapi tidak berhasil," kata Shahi kepada AFP, Jumat (15/2/2019).

"Lalu suatu hari saat saya berboncengan dengan teman saya naik sepeda, saya melihat diri saya di cermin tanpa helm dan saya merasa malu."

"Saat itulah terlintas di benak saya, jika saya membuat orang lain melihat diri mereka di cermin, mungkin mereka akan merasa malu dan mulai mengenakan helm. Karena cermin tidak pernah berbohong," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved