Pertama di Aceh, PNS Abdya Urus Kenaikan Pangkat tanpa Perlu Bawa Berkas, Ini Nama Aplikasinya

BKPSDM Abdya secara resmi menerapkan sistem pengurusan kenaikan pangkat menggunakan konsep paperless, tanpa perlu membawa-bawa berkas (hardcopy).

Pertama di Aceh, PNS Abdya Urus Kenaikan Pangkat tanpa Perlu Bawa Berkas, Ini Nama Aplikasinya
Serambinews.com
Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, berfoto bersawa dengan sejumlah PNS seusai menyerahkan SK kenaikan pangkat kepada ratusan PNS, Selasa (26/2/2019). 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat 

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Badan Kepegawaian Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia Aceh Barat Daya (BKPSDM Abdya) secara resmi menerapkan sistem pengurusan kenaikan pangkat menggunakan konsep paperless, tanpa perlu membawa-bawa berkas (hardcopy). 

Hal tersebut disampaikan kepala BKPSDM Abdya, drh Cut Hasnah Nur saat menyerahkan ratusan SK kenaikan pangkat PNS, Selasa (26/2/2019), di Aula Gedung DPRK Abdya

"Proses kenaikan pangkat periode 1 April 2019 ini dilakukan dengan sistem paperless atau tanpa berkas, menggunakan aplikasi Sitangkas yang telah kami buat, dan ini pertama di Aceh," ujar kepala BKPSDM Abdya, drh Cut Hasnah Nur.

Dengan sistem paperless, kata Cut Hasnah, maka para pegawai tidak perlu membawa map dan berkas untuk mengusulkan pangkat ke BKPSDM. "Jadi, input data PNS yang mengajukan kenaikan pangkat bisa dilakukan secara online," katanya. 

Baca: Tim Gabungan Periksa Izin Usaha di Abdya, Banyak Pedagang tak Urus Izin

Baca: Jadwal Pencairan THR PNS Dipercepat, Pihak Kemenkeu Beri Penjelasan

Baca: Anak Bunuh Ibu Kandung Gara-gara Tak Diberi Uang, Dipukul dengan Balok Kayu saat Sedang Mencuci  

Penyerahan kenaikan pangkat 399 orang PNS periode 1 April 2019 ini, turut hadir Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, disaksikan Kabid Mutasi BKN Regional XIII, Drs Widodo MSi dan kepala BKPSDM Abdya, drh Cut Hasnah Nur. 

"BKPSDM menerima usulan kenaikan pangkat PNS periode 1 April 2019 sebanyak 405 orang, namun yang dapat diproses sebanyak 399 orang, dan enam tidak dapat diproses," ungkapnya. 

Dia menambahkan, PNS yang mendapatkan kenaikan pangkat yaitu 196 orang, penyesuaian ijazah 13 orang, jabatan struktural 21 orang, kenaikan pangkat otomatis (KPO) 131 orang, dan golongan IVa ketas 38 orang.

"Untuk kenaikan pangkat di Abdya, kami bersama BKN membentuk tim terpadu, sehingga bisa langsung diproses BKPSDM Abdya, dengan menghadirkan tenaga teknis bidang mutasi BKN," ungkapnya. 

Sementara itu, Kabid Mutasi BKN Regional XIII, Drs Widodo MSi mengapresi langkah BKPSDM Abdya atas inovasi dalam hal pengurusan kenaikan pangkat dengan sistem paperless ini. "Ini pertama kali di Aceh, dan saya akan sarankan kabupaten lain untuk melakukan studi banding ke Abdya ini," ujar Widodo.(*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved