Tim Gabungan Periksa Izin Usaha di Abdya, Banyak Pedagang tak Urus Izin

Hal tersebut terungkap, saat tim gabungan memeriksa sejumlah izin usaha milik pedagang yang beroperasi di Kecamatan Susoh dan Kecamatan Blangpidie,

Tim Gabungan Periksa Izin Usaha di Abdya, Banyak Pedagang tak Urus Izin
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Tim gabungan Pemerintah Aceh Barat Daya mensosialisasikan pentingnya memiliki SIUP, SITU dan membayar pajak kepada salah seorang pedagang bangunan, Senin (25/2/2019). 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEW.COM, BLANGPIDIE - Banyak usaha milik pedagang yang beroperasi di kecamatan Susoh dan Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) belum memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan kewajiban membayar pajak.

Hal tersebut terungkap, saat tim gabungan memeriksa sejumlah izin usaha milik pedagang yang beroperasi di Kecamatan Susoh dan Kecamatan Blangpidie, Senin (25/2/2019).

Tim yang tergabung dalam Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Satpol PP dan WH, dan Badan Keuangan Kabupaten (BKK) itu, selain menemukan masih banyak pedagang yang belum memiliki izin usaha, juga menemukan masih banyak pedagang tidak patuh membayar pajak.

Baca: Terancam tak Bisa Ikut Seleksi, Kobar GB Abdya Minta Honorer K2 Berijazah D-II Diterima Sebagai P3K

Baca: Petani Abdya Kecewa, Stok Pupuk Bersubsidi NPK Ponskha dan SP-36 Kosong di Kios Pengecer

Baca: Diminta Evaluasi Penetapan Sekolah Tertinggal, Ini Penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Abdya

"Kedatangan kita ini, masih sebatas sosialiasasi kepada masyarakat dan pedagang pentingnya mengurus izin, dan membayar pajak," ujar kepala BKK Abdya, Mussawir SSos MSi didampingi Kasatpol PP dan WH Abdya, Riad SE.

"Termasuk kita berikan informasi kepada pedagang, tentang kewajiban membayar pajak pemasangan papan reklame," tambahnya.

Meski dalam tahap sosialisasi, Mussawir juga telah meminta kepada pedagang untuk mengurus izin, bagi yang belum memiliki izin SIUP dan SITU, begitu juga bagi pedagang yang izinnya akan berakhir, agar segera memperpanjang kembali.

"Kita meminta pihak perizinan untuk memberikan kemudahan kepada pedagang dalam proses pengurusan izin usaha tersebut," katanya.

Dia lanjutkan, hasil turun lapangan yang menemukan banyak pedagang di Blangpidie dan Susoh belum memiliki izin, dan izinnya sudah mati, itu tetap menjadi dalam pemantauan pihak tim gabungan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasat Pol PP dan WH Abdya, Riad SE. Ia mengakui bahwa dari beberapa usaha yang didatangi, hanya beberapa usaha yang sudah memiliki izin.

"Dari 12 usaha yang dicek (toko bangunan dan pupuk), hanya satu usaha izinnya hidup. Ini kan (perbandingannya) sangat besar," kata Riad.

Meski begitu, kata Riad, selain memeriksa izin, tim juga meminta sudah menghimbau pedagang segera mengurus izin.

"Jika tidak diindahkan, maka akan tindak," pungkasnya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved