Terkenal Sangat Disiplin, Ternyata Seperti Ini Cara Orang Jepang Mendidik Anaknya

Jadi liburan ke Jepang, bukan cuma soal destinasi bagus tapi juga budaya. Salah satunya yang paling mencolok adalah budaya disiplin.

Terkenal Sangat Disiplin, Ternyata Seperti Ini Cara Orang Jepang Mendidik Anaknya
Dokumentasi Seinan Elementary School
Para siswa dibantu oleh guru menyiapkan makan siang untuk teman-temannya berdasarkan jadwal piket. Foto direkam di Seinan Elementary School, Tokyo, pada tahun 2016. 

SERAMBINEWS.COM - Mendengar kata "Jepang", selain negara dan bahasanya, orang Jepang sangat identik dengan budaya disiplinnya yang tinggi. Belajar dari orang Jepang, mereka dididik sangat keras sejak kecil.

Jadi liburan ke Jepang, bukan cuma soal destinasi bagus tapi juga budaya. Salah satunya yang paling mencolok adalah budaya disiplin.

Menurut orang Jepang, orangtua adalah cermin bagi anak. Jika orangtuanya disiplin, maka anak akan disiplin. Itulah mengapa, budaya disiplin bisa sangat menonjol di Jepang.

Tak heran jika anak Jepang diajarkan disiplin sejak kecil. Caranya dengan meniru orangtuanya saat menjalankan hal-hal yang butuh kedisiplinan.

Baca: Sebaran Abu Vulkanik Gunung Merapi Jangkau 10 Kilometer, Masyarakat Diimbau Sedia Masker

Contoh kecilnya dari antre saat naik transportasi umum. Bagi wisatawan yang pernah melancong ke Jepang, lihatlah bagaimana teratur dan tertibnya orang jepang saat naik kereta. Hal seperti itu, sudah diajarkan sejak kecil.

Pun terhadap peraturan-peraturan. Ada tanda larangan merokok, maka dilarang merokok di situ. Bagi orang Jepang, melanggar aturan adalah suatu rasa malu.

Apakah semua itu terjadi secara tiba tiba? Tentu tidak. Ada poses pendidikan panjang yang dilalui orang Jepang sehingga memiliki kedisiplinan dan daya juang yang tinggi.

Semua berawal sejak mereka kecil. Orangtua, sekolah, lingkungan dan pemerintah memiliki peran yang besar menjadikan kedisiplinan menjadi karakter yang mendarah daging pada orang Jepang.

Baca: Fachrul Razi MIP Luncurkan The Frazi School Online, Bisa Diunduh di Play Store

Berikut beberapa hal yang membuat orang Jepang sangat disiplin sejak kecil, seperti dikutip dari orang Yessiel Sandra, orang Indonesia yang pernah tinggal di Jepang (www.yesielsandra.com).

1. Anak anak Jepang dibiasakan makan sendiri setelah berumur 1 tahun. Orangtua melatihnya dengan memberikan makanan dalam porsi yang kecil.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved