Jelang Pemilu, DPRA Reses

Sebanyak 81 anggota DPRA akan melakukan reses (kegiatan di luar masa sidang) dengan turun ke daerah pemilihannya

Jelang Pemilu, DPRA Reses
DOK.DPRA
Sulaiman Abda 

* Alasannya Menjaring Aspirasi Masyarakat

BANDA ACEH - Sebanyak 81 anggota DPRA akan melakukan reses (kegiatan di luar masa sidang) dengan turun ke daerah pemilihannya (dapil) masing-masing. Reses tersebut bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat, terhitung sejak 23 Maret dan hingga 2 April 2019, atau sekitar dua minggu menjelang pelaksanaan Pemilu 17 April 2019.

Keputusan reses itu diambil dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) Dewan, Kamis (21/3). Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRA, Sulaiman Abda, dan dihadiri sejumlah Ketua Fraksi, di antaranya Fraksi Demokrat, H T Ibrahim, Fraksi Golkar, Juriat Supardjo, dan sejumlah anggota Bamus seperti Tgk Harun, Nurlelawati, dan Sulaiman Ali.

Sulaiman Abda yang ditanyai Serambi mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang disampaikan dalam rapat sehingga akhirnya masa reses tersebut disepakati, salah satunya karena memang sudah waktunya reses. “Dalam satu tahun, DPRA dibolehkan melakukan reses tiga kali, setiap tiga bulan sekali,” sebutnya.

Namun lanjut Sulaiman Abda, karena masa tugas DPRA periode 2014-2019 akan berakhir pada 30 September 2019, sehingga tidak memungkinkan melakukan reses sebanyak tiga kali, melainkan hanya dua kali. “Kalau masa reses itu diambil bulan April, akan beradu dengan masa persiapan Pemilu, makanya dimulai minggu keempat bulan Maret sampai minggu pertama bulan April,” imbuh politisi Partai Golkar ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, reses itu merupakan haknya anggota legislatif, dan telah diatur dalam UU MD3 dan PP Nomor 12 tahun 2018 mengenai protokoler dan keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD. Kegiatan yang dilakukan dalam mesa reses itu adalah menjaring aspirasi masyarakat yang diwakilinya di daerah pemilihannya masing-masing.

Salah satunya adalah terkait bencana. Sulaiman Abda menyebut, sejak Januari-Maret 2019, berbagai peristiwa alam sudah terjadi di 23 Kabupaten/Kota. Seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan kebakaran. “Anggota DPRA sebagai wakil rakyat, wajib turun ke daerah pemilihannya masing-masing untuk melihat bencana alam yang menimpa rakyat yang telah memberikan suaranya pada pemilu legislatif lima tahun lalu,” jelas pria yang akrab disapa Bang Leman ini.

Fakta yang didapat anggota DPRA di lapangan selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan laporan untuk disampaikan dalam pertemuan dengan pihak eksekutif.

Selain itu, anggota Dewan juga bisa mendapat laporan dari pemilihnya mengenai perkembangan kondisi sosisal ekonomi masyarakat di daerah yang diwakilinya, terhadap berbagai program dan kegiatan pembangunan yang telah, sedang dan belum dilakukan pihak eksekutif. Termasuk juga program dan kegiatan dalam APBA 2019.

“Kegitan reses ini juga akan memberikan bahan masukan dan evaluasi bagi anggota Dewan terhadap suhu politik yang terjadi di desa-desa daerah pemilihannya menjelang pelaksanaan Pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” demikian Sulaiman Abda.

Sementara terkait dengan pembahasan rancangan qanun prioritas yang pengesahannya ditargetkan pada tahun 2019 ini, Wakil Ketua I DPRA, Sulaiman Abda bahwa pembahasan tetap berjalan seperti biasa. “Menurut laporan dari Sekwan Suhaimi, sudah ada beberapa Komisi yang melakukan pembahasan internal,” katanya.

Beberapa komisi yang telah melakukan pembahasan internal tersebut di antaranya ia sebutkan, Komisi VII dan beberapa komisi lainnya. “Komisi tujuh pada hari Jumat (22/3) ini akan melakukan pembahasan bersama dengan pihak eksekutif untuk raqan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh Pimpinan Dewan,” ujarnya.

Sulaiman Abda memastikan, semua agenda kegiatan DPRA 2019 yang telah disusun tahun ini tetap akan dijalankan, tetapi frekwensinya belum maksimal. “Kondisi itu terjadi, karena anggota dewan yang mencalonkan kembali menjadi calon anggota DPRA dan DPR RI sedang sibuk dengan upayanya untuk bisa terpilih kembali dalam Pemilu nanti. Hal itu perlu dimengerti juga oleh publik,” demikian Sulaiman Abda.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved