Dyah Erti: Ayo Menangkan Persaingan Global dengan Menjaga Kualitas

Wakil Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati, mengingatkan para pelaku usaha kreatif di Aceh untuk memperhatikan kualitas dalam setiap produknya.

Dyah Erti: Ayo Menangkan Persaingan Global dengan Menjaga Kualitas
Dok: Humas Pemerintah Aceh
Dyah Erti Idawati saat membuka Pelatihan Peningkatan Industri Kreatif Pada Produk Kreatif berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan Profit bagi Perajin, di Cafe D' Energy, Kamis (11/4/2019). 

SERAMBINEWS.COM – Wakil Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati, mengingatkan para pelaku usaha kreatif di Aceh untuk tetap memperhatikan kualitas dalam setiap produk yang dihasilkan, sehingga mampu menembus ketatnya persaingan pasar global.

Imbauan tersebut disampaikannya saat membuka Pelatihan Peningkatan Industri Kreatif Pada Produk Kreatif berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan Profit bagi Perajin, di Cafe D' Energy, Kamis (11/4/2019).

“Persaingan industri kreatif di pasar global menuntut para pelaku usaha untuk semakin kreatif dan memperhatikan kualitas dalam setiap produk yang dihasilkan. Dengan kualitas yang baik, maka produk kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat akan dapat diterima oleh pasar,” ujar Dyah Erti.

Saat ini, produk hasil kreativitas perajin Aceh sudah sangat beragam dan mampu bersaing, namun harus diakui bahwa kualitasnya memang masih harus terus diperbaiki.

“Produk perajin Aceh sudah sangat luar biasa. Saat ini, yang harus terus diperbaiki adalah kualitasnya. Ini bukan berarti kualitas hasil kerajinan masyarakat Aceh tidak baik. Namun agar bisa memenangkan persaingan, maka perbaikan harus terus dilakukan dalam semua produk yang dihasilkan,” imbuh Dyah Erti.

Dyah juga mengingatkan, bahwa ada tiga elemen penting dari terbentuknya sebuah ekonomi kreatif.

Yaitu faktor produksi utama dari kegiatan Ekraf itu sendiri, yaitu sumber daya manusia, kreativitas pelaku usaha, dan nilai tambah dari segi nilai dan ekonomi.

Untuk diketahui bersama, setiap tahunnya kontribusi Ekraf terhadap perekonomian nasional terus meningkat.

Selain jumlah angka, peningkatan pada aspek tenaga kerja di bidang Ekraf juga meningkat secara beriringan.

Di tahun 2017, tercatat 17,43 juta individu menggeluti karier Ekonomi Kreatif di Indonesia. Angka ini meningkat sebesar 4,13ersen dari tahun sebelumnya.

“Potensi bisnis di bidang industri kreatif masih terbuka luas untuk digarap pelaku usaha di Indonesia. Kekayaan budaya dan tradisi Indonesia masih bisa terus digali untuk dikembangkan, namun mensyaratkan adanya kreativitas tinggi,” pesan Dyah Erti.(*)

Baca: Plt Gubernur Bertemu 50 Pengusaha IKM: Jangan Lagi Berharap Investasi Besar Masuk ke Aceh

Baca: Bisnis Kuliner Perlu Investasi Promosi, Saran Disbudpar Aceh Terkait Festival Sate Matang

Baca: 22 Nelayan Idi Aceh Timur yang Ditahan di Myanmar Tiba di Bandara SIM Senin Besok

 

Penulis: Taufik Hidayat
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved