Diprotes Saksi, Rekap Suara Pemilu di PPK Blangpidie Abdya Ditunda

Rekapitulasi perhitungan suara Pilpres dan Pileg 2019 oleh Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Blangpidie Abdya ditunda...

Diprotes Saksi, Rekap Suara Pemilu di PPK Blangpidie Abdya Ditunda
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF Rekapitulasi suara Pilpres dan Pileg di PPK Blangpidie yang dilaksanakan, Sabtu (20/4/2019) pagi akhirnya ditunda karena diprotes saksi. Hingga pukul 14.00 WIB, kursi di bawah teratak yang dipasang di Kompleks Kantor Camat Blangpidie di Gampong Keude Paya sebagai lokasi rekap suara, masih tampak kosong.       

Diprotes Saksi, Rekap Suara Pemilu di PPK Blangpidie Abdya Ditunda

 

Laporan Zainun Yusuf Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE- Rekapitulasi perhitungan suara Pilpres dan Pileg 2019 oleh Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan, Sabtu (20/4/2019) ini.  

PPK di sembilan kecamatan yang melaksanakan rekapitulasi hasil perolehan suara adalah Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa, Susoh, Blangpidie, Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil.

 

Baca: Terjadi Pelanggaran Pemilu, Ini TPS Yang Harus Melakukan PSU di Galus

Baca: PKS Berkuasa di Banda Aceh, Diperkirakan Rebut 5-6 Kursi

Baca: Kecewa Salah Pilih Partai, Pria Ini Ungkap Kekesalannya dengan Potong Jari Tangannya Sendiri

 

Rekapitulasi dihadiri para saksi mendapatan pengamanan personel Polri dan TNI. Diawali rekapitulasi hasil perolehan suara  pasangan Capres/Cawapres berdasarkan Form C1 yang diterima dari PPS (Panitia Pemungutan Suara), dilanjutkan rakapitulasi hasil perolehan suara Calon Anggota DPD, DPR RI, DPRA dan DPRK Abdya.

Amatan Serambinews.com, kegiatan rekapitulasi Sabtu, tadi dimulai agar terlambat. Bahkan di PPK Blangpidie, rakap baru  dimulai sekira pukul 10.00 WIB lokasi di bawah teratak yang dipasang di Kompleks Kantor Camat Blangpidie di Gampong Keude Paya, akhirnya dipending setelah mendapat protes beberapa saksi.

Saksi memprotes karena papan billboard yang digunakan PPK setempat dinilai terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung ketika ditempelkan seluruh form C1 dalam jumlah demikian banyak.

Protes tersebut ditanggapi akhirnya kegiatan rekapitulasi dipending selama satu jam untuk mencari papan bilboard yang ukuran lebih lebar. Setelah satu jam berlalu, rekap suara belum juga dimulai, malahan sampai pukul 14.00 WIB tadi, puluhan kursi yang sudah disediakan di bawah teratak tampak masih kosong.

Padahal, menurut keterangan papan billboard ukuran lumayan lebar sudah berhasil diperoleh setelah dipinjam dari Kantor Desa/Gampong Keude Siblah.  

Ketua PPK Blangpidie, Miswan S ketika ditanyai Serambinews.com menjelaskan, kegiatan rekap sebenarnya sudah bisa dimulai, namun karena menjelang waktu dhuhur, maka rekap suara akan mulai dilaksanakan pukul 14.00 WIB atau setelah makan siang.

Di Kecamatan Blangpidie terdapat 61 TPS (tempat pemungutan suara) tersebar dalam 20 gampong. Rekap perolehan suara Capres/Cawapres dimulai TPS dalam wilayah Kemukiman Babahlhok dengan 5 desa/gampong, yaitu Alue Mangota, Baharu, Gudang, Keude Paya dan Lamkuta.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved