Rekap Salinan C1 Tingkat KPPS Rawan Kesalahan

Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI), Kabupaten Nagan Raya menilai, bahwa rekap pada salinan C1 di tingkat KPPS sangat rawan kesalahan dalam..

Rekap Salinan C1 Tingkat KPPS Rawan Kesalahan
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Ketua JaDI Kabupaten Nagan Raya, Said Mudhar 

Rekap Salinan C1 Ditingkat KPPS Rawan Kesalahan

Laporan Sa'dul Bahri | Nagan Raya 

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI), Kabupaten Nagan Raya menilai, bahwa rekap pada salinan C1 di tingkat KPPS sangat rawan kesalahan dalam penjumlahan. Misalnya, seperti tidak sesuai perolehan suara caleg dengan perolehan keseluruhan.

Baca: Kepala SMPN 3 Terpilih Kepala SMP Terbaik se-Kota Langsa

Baca: Pencemaran Debu Batu Bara di Suak Puntong Mengarah Pada Pelanggaran HAM

Baca: Unmuha Wisuda 562 Sarjana dan Magister

Kondisi tersebut pihaknya meminta pihak PPK agar dalam melaksanakan rapat rekapitulasi suara di PPK berpedoman pada C1 Plano DPRK.

"Satu angka saja salah penjumlahan, maka akan berdampak pada rekapitulasi suara di PPK dan di KIP nantinya.  Berdasarkan data salinan C1 yang kami peroleh sangat banyak kekeliruan rekap suara di tingkat KPPS yang tidak sesuai hasil penghitungan suara dengan rekapitulasi suara," ungkap Ketua JaDI Nagan Raya Said Mudhar kepada Serambinews.com, Sabtu (20/4/2019).

Dikatakannya, untuk memastikan jumlah perolehan suara maka harus berpedoman pada C1 Plano karena C1 Plano waktu penghitungan suara secara terbuka di depan umum serta di saksikan oleh panwas dan masyarakat.

“Kekhawatiran kita tentang proses rekapitulasi suara di TPS terbukti dengan banyak nya rekapitulasi suara di KPPS tidak sesuai penjumlahannya, ada parpol yang bertambah suara dan ada parpol yang berkurang suara di rekapitulasi suara.

Kekeliruan ini harus di perbaiki oleh PPK dan KIP nantinya, dan kita meminta kepada KIP, PPK dan Panwaslih agar mengawasi dengan cermat rekapitulasi suara dan menyesuaikan antara hasil suara hasil penghitungan C1 dengan salinan C1,” ujar Said Mudhar.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved