14 Kursi PA Hilang

Partai Aceh (PA) bakal kehilangan banyak kursi di DPRK Pidie. Hasil rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara

14 Kursi PA Hilang
SERAMBINEWS.COM/ MUHAMMAD NAZAR
Suasana rekapitulasi suara tingkat kabupaten jelang penutupan di Gedung DPRK Pidie 

* Hasil Rekapitulasi Suara DPRK Pidie

SIGLI - Partai Aceh (PA) bakal kehilangan banyak kursi di DPRK Pidie. Hasil rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat kabupaten yang dilaksanakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) di Kantor DPRK Pidie, Selasa (7/5), PA sepertinya hanya mendapatkan jatah 9 kursi.

Artinya, partai pimpinan Muzakir Manaf ini harus kehilangan 14 kursi dari jumlah yang dikuasai saat ini, 23 kursi. Meski kehilangan banyak kursi, tetapi secara keseluruhan PA masih tetap menjadi partai peraih kursi terbanyak di DPRK Pidie dan berhak atas posisi ketua.

PA mendapatkan dua kursi di daerah pemilihan II (Peukan Baro, Indrajaya, Simpang Tiga dan Mutiara), dapil III (Kembang Tanjong, Glumpang Baro, Glumpang Tiga dan Mutiara Timur), dapil IV (Tiro, Sakti, Titeu, Keumala, Tangse, Mane dan Geumpang), dan dapil V (Delima, Padang Tiji, Batee dan Muara Tiga). Sedangkan di dapil I (Kota Sigli, Pidie, Grong-grong dan Mila) PA meraih satu kursi.

Sementara Partai Golkar meraih lima kursi. Disusul Partai Gerindra mendapatkan lima kursi, Partai Demokrat meraih lima kursi, dan Partai Daerah Aceh (PDA) memperoleh lima kursi. Sedangkan Partai Nanggroe Aceh (PNA) meraih empat kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh empat kursi, Partai NasDem meraih dua kursi, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh satu kursi.

Partai lain yang yang bernasib sama seperti PA adalah NasDem. Partai besutan Surya Paloh tersebut diperkirakan hanya mendapatkan dua kursi, dari sebelumnya mendapatkan lima kursi. Sedangkan Sedangkan PKS sama sekali tidak mendapatkan jatah kursi DPRK dalam Pemilu kali ini.

Dari hasil rekapitulasi dan perhitungan suara tersebut, juga terlihat bahwa caleg yang terpilih tersebut didominasi oleh wajah-wajah baru, kecuali dari NasDem yang masih diisi wajah-wajah lama.

Pleno KIP Pidie yang berakhir, Selasa (7/5) dini hari, berjalan lancar, dan dipimpin Ketua KIP Pidie, Muhammad Ali. Namun salah seorang komisioner KIP Pidie tidak hadir karena sakit, yakni Ketua Divisi Teknik dan Penyelenggara KIP Pidie, Fuadi M Yusuf.(naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved