Sanggar Cut Meutia Aceh Utara Tampilkan Upacara "Peusijuek" di Taman Mini

Aceh Utara diwakili Sanggar Cut Meutia Meuligoe Aceh Utara, pimpinan Cut Ratna Irawati, SE juga menampilkan tari tradisional Aceh, "Tron U Laot."

Sanggar Cut Meutia Aceh Utara Tampilkan Upacara
ILUSTRASI PEUSIJUEK -- PENASIHAT Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) PWI Aceh, Ny Nurmila SPd mempeusijuek tiga calon haji dari keluarga besar PWI Aceh di Gedung PWI Aceh Simpang Lima, Banda Aceh, Rabu (25/9). 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Kabupaten Aceh Utara ikuti Pawai Budaya HUT Ke-41 Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (17/4/2016). Menampilkan atraksi budaya "Peusijuek" dan "Tari Kipah Sikarang."

Aceh Utara diwakili Sanggar Cut Meutia Meuligoe Aceh Utara,  pimpinan Cut Ratna Irawati, SE juga menampilkan tari tradisional Aceh, "Tron U Laot."

Kepala Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah, Ir. Cut Putri Aliyanur, Sabtu (16/4/2016), menjelaskan, upacara "peusijuek" atau tepung tawar  adalah kebiasaan masyarakat Aceh dalam memulai suatu  kegiatan adat perkawinan.

"Peusijuk erat kaitannya dengan kerja sama serta kegotong royongan dalam hidup bermasyarakat di Aceh," kata Cut Putri.

Sementara "Tari Kipah Dikarang" merupakan tari muda mudi yang menggambarkan suasana kegembiraan. "Tari ini dibawakan  lima orang penari pria dan lima  penari wanita yang artinya lima rangkaian.

Tarian ini  persenyawaan yang utuh dan lima gerak dasar tari tradisional Aceh," kata CUT putri.

Tari ini menggunakan properti kipah (Kipas) yang terbuat dari pelepah pinang. Tari  Kipah Sikarang ini diiringi oleh beberapa alat musik tradisional Aceh seperti "seurune kalee, rapai," dan "genderang."

Tarian lainnya yang ditampilkan kontingen Aceh Utara adalah "Tari Tron U Laot," yaitu mengangkat kehidupan masyarakat di pesisir  Aceh.

"Masyarakat pesisir turun ke laut untuk menangkap ikan dengan menggunakan pukat atau jaring mencerminkan sifat kegotong-royongan dan saling bekerja antar sesama masyarakat," jelas Cut Putri. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved