Breaking News:

gempa

'Aisyiyah dan Forum PRB Gelar Simulasi Gempa di Lamteungoh

dalam simulasi itu diskenariokan terjadi gempa ketika keluarga besar 'Aisyiyah sedang bakti sosial bersih pantai.

Penulis: Misran Asri | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBI/MISRAN ASRI
Seorang ibu hamil menjadi prioritas penyelamatan pada simulasi gempa yang dilaksanakan 'Aisyiah Aceh di Pantai Lamteungoh, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Minggu (23/7/2017). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Organisasi perempuan Muhammadiyah, 'Aisyiyah Aceh melaksanakan simulasi bencana gempa yang dipusatkan di Pantai Lamteungoh, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Minggu (23/7/2017) siang. 

Ketua 'Aisyiyah Aceh, Zaidar Jaafar SAg mengatakan, simulasi bencana merupakan salah satu kegiatan mengisi peringatan milad 1 abad 'Aisyiyah.

Simulasi yang melibatkan pengurus dan keluarga besar 'Aisyiyah dipandu oleh relawan yang berhimpun dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh.

Ketua Panitia Milad 1 Abad 'Aisyiyah, Dr Harbiah A Gani menambahkan, simulasi bencana gempa diawali dengan bakti sosial bersih pantai.

Menurut Harbiah, dalam simulasi itu diskenariokan terjadi gempa ketika keluarga besar 'Aisyiyah sedang bakti sosial bersih pantai.

"Tiba-tiba terjadi gempa dan kepanikan," kata Harbiah didampingi Wakil Ketua I 'Aisyiyah Aceh, Hj Nurhayati RA SH.

Baca: Aisyiah dan Forum PRB Aceh Diskusikan Simulasi Bencana

Dalam situasi panik itu, peserta simulasi berusaha melakukan penyelamatan diri termasuk membantu anak-anak, kelompok rentan (lansia), perempuan, dan ibu hamil.

Semua dikumpulkan ke titik aman dan dilakukan pendataan jumlah korban untuk dievakuasi ke rumah sakit.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved