Siapa AKBP Untung Sangaji yang Pernah Kawal Irwandi dan Berani Gerebek Salon Waria?

Lalu siapa AKBP Untung Sangaji yang berani mempertaruhkan jabatannya demi membina waria di wilayah kerjanya

Siapa AKBP Untung Sangaji yang Pernah Kawal Irwandi dan Berani Gerebek Salon Waria?
SERAMBI/MUHAMMAD HADI
AKBP Untung Sangaji (kiri) bersama lima anggota polisi bersenjata lengkap mengawal calon gubernur Aceh, Irwandi Yusuf saat menyaksikan pertandingan Persiraja versus Semen Padang di tribun VIP Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/2/2012). 

SERAMBINEWS.COM - Nama Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ir. Ahmad Untung Surianata, lebih dikenal dengan nama AKBP Untung Sangaji mulai dikenal publik Tanah Air setelah terjadi serangan teror di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

Kini namanya Kapolres Aceh Utara ini kembali menjadi sorotan media dalam negeri dan luar negeri. Wajahnya kembali masuk TV dan masa lalunya kembali diungkit ke ruang publik.

Semua ini bermula dari tindakannya yang berani memimpin aparat Polres Aceh Utara menggerebek sebuah salon di Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Sabtu (27/1/2018) malam.

Baca: Setelah Dibina Polisi, Begini Penampilan Para Waria yang Terciduk di Lima Salon di Aceh Utara

KAPOLRES Aceh Utara, AKBP Ahmad Untung Surianata (tengah) foto bersama dengan waria yang diamankan dalam 'Operasi Pekat' di lima salon dalam wilayah Lhoksukon dan Pantonlabu, Sabtu (27/
1) lalu. Setelah mendapat pembinaan, penampilan waria kembali jadi macho layaknya pria kebanyakan.
KAPOLRES Aceh Utara, AKBP Ahmad Untung Surianata (tengah) foto bersama dengan waria yang diamankan dalam 'Operasi Pekat' di lima salon dalam wilayah Lhoksukon dan Pantonlabu, Sabtu (27/ 1) lalu. Setelah mendapat pembinaan, penampilan waria kembali jadi macho layaknya pria kebanyakan. ()

Aksi Untung Sangaji tersebut berhasil mengamankan 12 wanita pria (waria) yang bekerja di salon tersebut. Penggerebekan tersebut merupakan bagian dari operasi penyakit masyarakat (Pekat).

Untung Sangaji sadar bahwa tindakannya membina waria bakal menuai pro dan kontra. Bahkan bisa membahayakan posisinya sebagai Kapolres Aceh Utara yang sewaktu-waktu dapat saja dicopot.

Bahkan atas ketegasannya itu, Untung Sangaji diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Aceh. Perwira menengah kepolisian ini diperiksa, apakah ada kesalahan prosedur atau tidak dalam penanganan waria. Meski Untung Sangaji sudah berusaha membina mereka supaya meninggalkan perbuatan yang dilarang dalam agama Islam.

Baca: VIDEO – Usai Razia Waria dan Segel Salon, Kapolres Aceh Utara Orasi di Depan Massa, Begini Katanya

Tapi di Aceh, aksi Untung Sangaji mendapat dukungan luas dari masyarakat dan disuarakan hingga di dunia maya. Bahkan aksi massa untuk mendukung Untung Sangaji dalam memberantas LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (2/2/2018).

Ratusan lembaga sudah mendaftar untuk membawa anggotanya dalam aksi mendukung kebijakan Untung Sangaji. Ini belum lagi dukungan luas dari masyarakat Aceh yang menilai tindakan Kapolres Aceh Utara tersebut sudah benar dalam penegakan syariat Islam.

Halaman
1234
Penulis: Hadi Al Sumaterani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved