Nyak Sandang Menangis Haru Saat Naik dan Masuk ke Pesawat Seulawah RI-001 di Jakarta

Nyak Sandang menangis haru, karena baru kali ini dia bisa naik dan masuk ke pesawat Seulawah RI-001.

Nyak Sandang Menangis Haru Saat Naik dan Masuk ke Pesawat Seulawah RI-001 di Jakarta
KOLASE/SERAMBINEWS.COM
Kolase foto Nyak Sandang turun dari tangga replika pesawat Seulawah RI-001 di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah, dan foto Nyak Sandang bersama Dek Gam, karyawan Anjungan Aceh yang juga pencipta tari Ratoh Jaroe. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Nyak Sandang menyempatkan diri naik ke pesawat Seulawah RI-001 di Taman Mini Indonesia, sebelum dia kembali ke Aceh, Kamis (5/4/2018).

Nyak Sandang menangis haru, karena baru kali ini dia bisa naik dan masuk ke pesawat Seulawah RI-001, yang pembeliannya ikut dia sumbang bersama-sama masyarakat Aceh dan lainnya.

(Baca: Riwayat Si Gunung Emas Seulawah RI-001, Pesawat Pertama RI yang Dibeli dengan Uang Rakyat Aceh)

(Baca: Mengulang Romantisme ‘Burung Besi’ Seulawah RI)

(Baca: Jarang Diketahui, Ini Foto-Foto Kabin Monumen Pesawat Seulawah RI-001 di Blangpadang Banda Aceh)

Replika Seulawah RI-001 ditempatkan di Taman Mini sejak 1975. Nyak Sandang yang sudah pulih dari tindakan operasi mata, diantarkan ke Taman Mini sebelum menuju Bandara Soekarno Hatta untuk kemudian terbang ke Banda Aceh.

Saat tiba di Anjungan Aceh Taman Mini, Nyak Sandang langsung melihat-lihat tubuh pesawat dan kemudian masuk ke dalam perut pesawat melalui tangga pesawat.

Garuda Indonesia telah melakukan pembenahan eksterior dan interior pesawat pada 2010 silam. Sejak itu, pengunjung bisa naik ke dalam pesawat untuk melihat dan merasakan kabin pesawat.

Dek Gam, karyawan Anjungan Aceh Taman Mini menjelaskan beberapa bagian dari pesawat dan ikut menemani Nyak Sandang melihat Seulawah tersebut.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved