Polemik KIP Aceh

Komisioner KPU RI Bertemu Gubernur Aceh dan Bicarakan Polemik Pelantikan KIP, Ini Hasilnya!

Dalam pertemuan itu, kata Ilham, pihaknya meminta Gubernur Aceh segera melantik tujuh Komisioner KIP Aceh hasil rekrutan DPRA beberapa waktu lalu.

Komisioner KPU RI Bertemu Gubernur Aceh dan Bicarakan Polemik Pelantikan KIP, Ini Hasilnya!
IST
Lima Komisioner KPU RI bertemu Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf di Kantor Gubernur Aceh, Senin (28/5/2018). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan pertemuan terbatas dengan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf di Kantor Gubernur Aceh, Senin (28/5/2018).

Pertemuan dilakukan sebelum kelima komisioner memimpin rapat pleno penentuan sampel dukungan pemilih perseorangan calon peserta Pemilihan Umum anggota DPD Aceh tahun 2019 di Hermes Hotel, Banda Aceh sekira pukul 11.40 WIB.

Informasi terkait pertemuan itu disampaikan Komisioner KPU RI asal Aceh, Ilham Saputra saat membuka rapat pleno di Hermes Hotel.

"Pada prinsipnya kita memberikan SK (Komisioner KIP Aceh yang baru) yang sudah kita keluarkan," kata Ilham saat diwawancarai awak media.

Baca: Pelantikan KIP Aceh Ditunda? Ini Komentar Gubernur Aceh

Baca: Soal Pelantikan KIP, Ketua DPRA: Undang-Undang Lebih Tinggi dari Qanun

Baca: BREAKING NEWS - KPU Pusat Ambil Alih Semua Tugas dan Wewenang KIP Aceh

Dalam pertemuan itu, kata Ilham, pihaknya meminta agar Gubernur Aceh, segera melantik tujuh Komisioner KIP Aceh hasil rekrutan DPRA beberapa waktu lalu.

"Tapi gubernur masih pegang klausul qanun tersebut. Tidak bisa melantik jika masih dalam tahapan pemilu," kata Ilham.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, hingga saat ini belum mau melantik tujuh komisioner KIP Aceh yang baru, karena berbenturan dengan Qanun Nomor 6 Tahun 2016.

Jika merujuk ke qanun itu, komisioner KIP Aceh yang lama masih bisa diperpanjang masa tugas mereka, karena saat ini masih dalam tahapan pemilu dan pemilihan di Aceh.

Karena KIP Aceh terjadi kekosongan, lantaran komisioner lama telah selasai masa jabatan dan komisioner baru tak bisa dilantik, oleh sebab itu KPU RI secara resmi mengambil alih KIP Aceh pada 24 Mei lalu.(*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved