Luar Negeri

Melihat Kekuatan Militer Iran dan Israel, Kalau Perang Terjadi Siapa yang Menang? 

Niat Iran melanjutkan proses pengayaan uranium ini dianggap Israel sebagai langkah yang akan membahayakan eksistensi negeri Yahudi tersebut

Melihat Kekuatan Militer Iran dan Israel, Kalau Perang Terjadi Siapa yang Menang? 
Pasukan Hezbollah Lebanon berparade sambil membawa misil Fajr 5 di kota Nabatiyeh, wilayah selatan Lebanon. Mereka siap menyerang Israel bila terjadi perang dengan Iran (AFP/MAHMOUD ZAYYAT) 

SERAMBINEWS.COM - Hubungan Iran dan Israel memang tidak pernah baik, tetapi belakangan semakin memburuk dengan kemungkinan batalnya kesepakatan nuklir Iran dan AS.

Para pemimpin Iran memperingatkan, jika kesepakatan nuklir itu bubar maka negeri tersebut akan melanjutkan proses pengayaan uranium.

Niat Iran melanjutkan proses pengayaan uranium ini dianggap Israel sebagai langkah yang akan membahayakan eksistensi negeri Yahudi tersebut.

Di sisi lain, Israel beberapa kali menggelar serangan untuk mendongkel pasukan Iran dari Suriah, di mana Teheran semakin menancapkan pengaruhnya.

Baca: Ali Khamenei Sebut Iran akan Tetap Berdiri Saat Trump Sudah Jadi Makanan Cacing dan Semut

Seorang prajurit Israel tengah berdiri di atas tank Merkava IV yang disiagakan di Dataran Tinggi Golan yang berbatasan dengan Suriah.(AFP/JALAA MAREY)
Seorang prajurit Israel tengah berdiri di atas tank Merkava IV yang disiagakan di Dataran Tinggi Golan yang berbatasan dengan Suriah.(AFP/JALAA MAREY) ()

Suriah Meski banyak yang meyakini bahwa kedua negara tak akan terlibat perang secara langsung, tetapi miskalkulasi yang terus meningkatkan eskalasi tetap terjadi.

Kedua negara memiliki angkatan bersenjata yang cukup kuat dan jika terjadi konflik bersenjata di antara keduanya maka dipastikan konflik tersebut akan amat berdarah.

Iran, sebagai negara memiliki wilayah yang jauh lebih luas dan penduduk yang lebih banyak dibanding Israel.

Namun, wilayah luas dan penduduk banyak tidak serta merta berbanding lurus dengan kemampuan militer.

Baca: 5 Truk Angkut Uang Najib Razak, Dihitung 22 Petugas Bank Selama 3 Hari, Ada 400 Tas Mewah

Teknologi militer dan pengalaman merupakan faktor penentu lainnya. Kemampuan teknologi jauh lebih penting di masa ketika jalannya perang amat ditentukan dengan kemajuan teknologi sebuah negara.

Saat ini, dua negara yang berperang tak perlu bertemu muka secara langsung.

Halaman
1234
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved