In Memoriam - Sultanah Aceh Teungku Putroe Safiatuddin Itu Memang Ingin Berumah di Baperis

Keinginannya untuk punya "rumah" di Baperis memang akhirnya terwujud, tapi dalam bentuk lain, sebuah "rumah abadi."

In Memoriam - Sultanah Aceh Teungku Putroe Safiatuddin Itu Memang Ingin Berumah di Baperis
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Sultanah Putroe Safiatuddin Cahaya Nur Alam. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Almarhumah Sultanah Aceh Teungku Putroe Safiatuddin Cahaya Nur Alam pernah menginginkan agar diberi ruangan di Baperis, Banda Aceh, sebagai tempat tinggal.

Keinginan itu diutarakan kepada Gubernur Irwandi Yusuf sesaat setelah menerima plakat dan sertifikat Pahlawan Nasional Laksamana Keumalahayati, dari Presiden Joko Widodo di Jakarta, 9 November 2017.

"Apabila diizinkan kami minta tempat di Baperis itu," kata Pocut Neneng, putri bungsu Bunda Putroe, saat menyampaikan keinginan perempuan yang akrab disapa Bunda Putroe itu.

Keinginan itu juga disampaikan kepada Pocut Haslinda Syahrul, penulis buku sejarah Aceh. "Iya, saya disampaikan soal itu," kata Pocut Haslinda mengenai keinginan tinggal di Baperis.

Menanggapi permintaan tersebut, Gubernur Irwandi mengatakan, Baperis tidak layak sebagai tempat tinggal. Ia lalu mengusulkan agar menggunakan salah satu ruangan di Meuligoe Gubernur, apabila datang ke Banda Aceh. "Itu lebih memadai dan layak," kata Gubernur Irwandi.

Tapi takdir tak bisa ditolak. Cerita seolah telah dituliskan di awal kehidupan. Bunda Putroe, yang meninggal dunia di Lombok, NTB, Rabu (6/6/2018), akhirnya benar-benar "menetap" di Baperis.

Baca: Catat! Warga Aceh Yang Butuh Layanan Medis Darurat saat Mudik, Hubungi 16 Nomor Ini

Baca: Moge Rp 1 Miliar, Disebut-sebut Jadi Salah Satu Pemicu Lina Gugat Cerai Sule

Baca: Gajinya Rp 76,5 Juta, Yudi Latif Mundur dari Kepala BPIP, Benarkah karena Gaji Megawati Lebih Besar?

Karena di tempat itulah, Sultanah Bunda Putroe dimakamkan. BeRsebelahan dengan makam ayahandanya, Tuwanku Raja Ibrahim. Bunda Putroe adalah anak tertua dari Tuwanku Raja Ibrahim.

"Keinginan Bunda Putroe tinggal di Baperis, tercapai sudah. Rumah untuk jasanya yang dikutip abadi di sana," kata Pocut Haslinda yang ikut menghadiri pemakaman Bunda Putroe.

Baperis, adalah singkatan dari Badan Pembina Rumpun Iskandar Muda, organisasi Yang mengelola Museum Aceh.

Halaman
1234
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved