Untuk Kepentingan Iklan, Google Akui Ada Aplikasi Pihak Ketiga yang Baca Email Pengguna Gmail

Hal itu dilakukan selama mereka transparan atau terbuka dengan para pengguna terkait bagaimana cara mereka dalam menggunakan data itu.

Untuk Kepentingan Iklan, Google Akui Ada Aplikasi Pihak Ketiga yang Baca Email Pengguna Gmail
log.com.tr
Google 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

SERAMBINEWS.COM, CALIFORNIA - Raksasa teknologi Google mengungkapkan hal baru yang terkait dengan seluruh email para pengguna Gmail di dunia.

Perusahaan tersebut mengatakan kepada Senator Amerika Serikat (AS) bahwa tidak menutup kemungkinan ada aplikasi pihak ketiga yang membaca data dari akun Gmail dan membagikan informasi itu dengan para pemasar.

Walaupun Google sendiri disebut-sebut telah menghentikan praktik tersebut pada tahun lalu.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (25/9/2018), dalam sebuah surat yang dikirim kepada anggota parlemen AS bulan Juli lalu dan dipublikasikan pada Kamis kemarin, Google menjelaskan bahwa para pengembang dapat membagikan data pengguna kepada pihak ketiga untuk penargetan iklan.

Baca: Kesaksian Penjual Batagor Atas Tewasnya The Jakmania Hingga Loyalitas Haringga

Baca: Warga ‘Geruduk’ Kantor Camat

Hal itu dilakukan selama mereka transparan atau terbuka dengan para pengguna terkait bagaimana cara mereka dalam menggunakan data itu.

Dalam praktiknya, kasus tersebut mengindikasikan aplikasi apapun yang membagikan data pribadi pengguna dengan pengiklan harus mengungkapkan fakta ini dalam kebijakan privasi mereka.

Hal yang pertama kali akan terlihat saat para pengguna menggunakan akun gmail mereka adalah munculnya kotak yang menyertakan catatan bahwa aplikasi meminta izin untuk 'membaca, mengirim, menghapus, dan mengelola email anda'.

Namun informasi terkait siapa pemasar yang dibagikan dalam data tersebut malah lebih sering sulit ditemukan.

Pernyataan yang disampaikan melalui surat yang dikirimkan Google tersebut, ditulis sebagai bentuk tanggapan atas permintaan Senator Partai Republik yang meminta informasi tentang ruang lingkup konten email yang dapat diakses oleh pihak ketiga.

Baca: VIDEO - Komunitas Prabowo-Sandi di Aceh, Akan Gelar Deklarasi #2019gantipresiden

Halaman
123
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved