Bawa 900 Turis, MS Albatros Kapal Pesiar Kelima yang Bersandar di Sabang Tahun Ini

Ratusan pelancong turun berjalan kaki menyusuri Kota Sabang serta melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata bahari dan heritage.

Dok. BPKS Sabang
Dua kapal pesiar bersandar di Pelabuhan BPKS Sabang, Selasa (18/12/2018). 

Laporan Muhammad Nasir I Sabang

SERAMBINEWS.COM, SABANG - Kapal pesiar MS Albatros berbendera Bahamas/Nasau bersandar selama delapan jam di Sabang, Kamis (11/4/2019. Kapal ini membawa 900 wisatawan berbagai negara. Mereka melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata di Sabang.

Baca: Tak Terima Ditegur, Seorang Murid Adu Jotos dengan Gurunya Sendiri di Depan Kelas

Kapal bernomor International Maritime Organization (IMO) 7304314 itu bertolak dari Langkawi, Malaysia, yang kemudian kembali lempar jangkar di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

Kunjungan kapal pesiar itu disambut tarian tradisional etnis Aceh oleh anak-anak Sabang.
Kemudian, ratusan pelancong turun berjalan kaki menyusuri Kota Sabang serta melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata bahari dan heritage.

Baca: Memasuki Masa Tenang, Panwaslu Bireuen Harapkan APK Segera diturunkan

Untuk menjangkau sejumlah lokasi wisata, mereka menggunakan jasa angkutan umum, seperti becak dan mobil. Dari Sabang, kemudian kapal itu terus berjalan lagi menuju Colombo, Srilanka.

"Kapal MS Albatros berbendera Bahamas ini melakukan kunjungan wisata ke Sabang, jumlah penumpang 900 orang," kata Wakil Kepala BPKS, Islamuddin usai penyambutan kapal pesiar tersebut.

Wali Kota Sabang Nazaruddin melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Faisal mengaku, kunjungan kapal pesiar berdampak pada ekonomi masyarakat khususnya pelaku industri pariwisata.

Baca: Tewaskan Jutaan Orang, Inilah 4 Realita Kehidupan di Bawah Rezim Brutal Pol Pot

"Syukur Alhamdulillah kunjungan kapal pesiar ke Sabang terus meningkat dan Pemerintah Kota Sabang bersama BPKS terus melakukan promosi potensi wisata bahari ke mancanegara guna meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Januari hingga April 2019, empat kapal pesiar sudah sandar di Sabang, yakni, MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner dan MS Silver Discoverer serta MS Albatros.

Objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan asing dan lokal ketika berlibur ke Sabang, meliputi hamparan pantai pasir putih "Iboih dan Sumur Tiga" yang menghadap ke Samudera Hindia dan Selat Malaka serta destinasi wisata heritage lainnya seperti Benteng-Benteng Jepang. (*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved