BPBA Skenariokan Banjir Besar di Trumon, Ratusan Warga Terlibat

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaksanakan simulasi bencana banjir di Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, 30 April 2019.

BPBA Skenariokan Banjir Besar di Trumon, Ratusan Warga Terlibat
Dok. BPBA
Tim pencari dan penyelamat mengevakuasi korban banjir besar di Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan pada simulasi yang dilaksanakan BPBA di kecamatan itu, Selasa (30/4/2019). 

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, TRUMON - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaksanakan simulasi bencana banjir di Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, 30 April 2019.

Skenario banjir dan proses penanggulangannya melibatkan 600 orang yang berasal dari perwakilan instansi/lembaga terkait di Aceh Selatan, Muspika Trumon Tengah, keuchik, dan masyarakat dari beberapa gampong di Kecamatan Trumon Tengah.

Simulasi diawali Apel Siaga Simulasi Banjir yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Gampong Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah dengan Inspektur Apel Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono ST mewakili Bupati Aceh Selatan.

Bupati Aceh Selatan dalam amanat tertulis yang dibacalan Kapolres mengatakan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disebutkan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh baik pada tahap pra, saat, dan pasca.

Konsep kesiapsiagaan bencana tujuannya untuk meyakinkan bahwa sistem yang memadai untuk peringatan dini bencana tersedia di lokasi rawan bencana sehingga masyarakat mampu bergerak dan menolong dirinya sendiri.

Bupati Aceh Selatan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Aceh melalui BPBA yang telah melaksanakan program simulasi banjir di Aceh Selatan tepatnya di Kecamatan Trumon Tengah.

Kepala Pelaksana BPBA, H Teuku Ahmad Dadek SH didampingi Kapolres Aceh Selatan Dedy Sadsono ST, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBA Bobby Syahputra, SE MSi,dan Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma SSTP menyebutkan dipilihnya Trumon Tengah sebagai lokasi pelaksanaan simulasi karena berdasarkan pengalaman selama ini merupakan salah satu daerah yang tiap tahunnya dilanda banjir termasuk banjir kiriman dari daerah lain seperti Aceh Tenggara.

Baca: Wabup Sampaikan Persoalan Banjir Trumon ke Presiden

Baca: Pengantin Baru Ini Terjebak Banjir di Trumon, Aceh Selatan, Videonya Viral di Media Sosial

Baca: Trumon Masih Terendam

Kalak BPBA juga menginformasikan, simulasi banjir di Trumon Tengah merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan setelah pemantapan pelaku dan geladi simulasi banjir selama dua hari yang diikuti oleh fasilitator dan petugas lapangan.

Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama, sebelumnya BPBA juga telah melakukan rapat pemantapan di Kantor Camat Trumon Tengah dan rapat persiapan yang dilaksanakan di Gedung Pemuda Gampong Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah.

Seingga telah terbentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana di Gampong Cot Bayu dan Gampong Lhok Raya yang kemudian ditindaklanjuti dengan diterbitkannya SK Kepengurusan Forum PRB Cot Bayu dan Lhok Raya.

Di samping itu hasil yang diperoleh selama BPBA melangsungkan kegiatan di Trumon Tengah adalah lahirnya Gampong Siaga dan Tangguh Bencana (Gastana), pemasangan rambu evakuasi dan tersusunnya dokumen Peraturan Gampong tentang Pengurangan Risiko Bencana Banjir di Gampong Cot Bayu dan Gampong Lhok Raya. (*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved