Ramadhan 1440 H

Hilal tak Tampak di Aceh, Pemerintah Tetapkan Ramadhan Dimulai Senin 6 Mei 2019

Kanwil Kemenag Aceh menyelenggarakan hilal secara serentak di seluruh Aceh, Minggu (5/5/2019) sore.

Hilal tak Tampak di Aceh, Pemerintah Tetapkan Ramadhan Dimulai Senin 6 Mei 2019
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR
Warga mendatangi lokasi pemantauan hilal di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (5/5/2019). 

Hilal tak Tampak di Aceh, Pemerintah Tetapkan Ramadhan Dimulai Senin 6 Mei 2019

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kanwil Kemenag Aceh menyelenggarakan hilal secara serentak di seluruh Aceh, Minggu (5/5/2019) sore.

Terdapat delapan daerah yang melakukan pemantauan di Aceh, mulai di barat selatan hingga pantai timur Aceh.

Salah satunya lokasi pemantauan yang ramai didatangi warga yaitu di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs HM Daud Pakeh mengatakan, bahwa hasil pengamatan hilal awal Ramadhan 1440 H di Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar dan laporan dari beberapa titik pengamatan hilal di wilayah Aceh, hilal tidak terlihat dikarenakan tertutup awan.

"Di Aceh hilal tidak terlihat, karena tertutup awan. Ketinggian hilal untuk markaz Lhoknga, Aceh Besar 5,6011 derjat di atas ufuk, secara kalkulasi kemungkinan hilal terlihat sangat besar, namun hasil pengamatan tadi tertutup awan," ujar Kakanwil, di sela-sela pengamatan hilal di Pusat observatorium Hilal, Lhoknga, Minggu (5/5/2019).

Baca: Bingung Masak Apa di Hari Pertama Puasa? Ini 4 Resep Menu Sahur Sederhana Antiribet yang Bisa Dicoba

Baca: Ramadan Sebentar Lagi, Ini Bacaan Niat Puasa, Doa Buka Puasa, Niat Salat Tarawih dan Witir

Baca: FOTO- FOTO: Tarawih Malam Pertama Ramadhan 1440 H di Masjid Raya Baiturrahman

Meski hilal di Aceh tidak terlihat, namun berdasarkan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1440 H yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Jumat (26/5/2017), menetapkan 1 Ramadhan 1440H jatuh pada Senin, 6 Mei 2019.

"Melalui sidang itsbat, Menteri Agama RI telah menetapkan awal Ramadhan 1440 H pada hari Senin, 6 Mei 2019, dan hasil isbat ini telah dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama nomor 182 tahun 2019," lanjut Kakanwil didampingi Karo Isra Pemerintah Aceh, Zahrol Fajri dan Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin SE.

Penetapan tersebut karena Ada referensi laporan petugas Rukyatul hilal bahwa hilal awal Ramadhan 1440 H teramati di sejumlah titik di Wilayah Indonesia.

“Tidak terlihatnya hilal di Aceh tidak menghalangi proses Itsbat yang dilaksanakan oleh kementerian Agama pusat di Jakarta, apalagi posisi hilal dan adanya kesaksian dibeberapa wilayah untuk dijadikan dasar penetapan awal Ramadhan 1440 H oleh menteri Agama," jelas Kakanwil.

Baca: Syekh dari Gaza Imami Tarawih Malam Pertama, Jamaah Masjid Raya Membeludak sampai Shalat di Rumput

Baca: Selama Bulan Ramadan, Bolehkah Minum Obat Penunda Haid Agar Puasa Penuh? Ini Jawaban Ustaz & Dokter

Baca: 5 Cara Agar Tidak Haus atau Dehidrasi saat Puasa Bulan Ramadan, Minuman Berkafein Perlu Dihindari

Menurutnya, semua kriteria penentuan awal bulan sudah terpenuhi, baik berdasarkan data hisab maupun rukyah yang terlihat hilal di beberapa wilayah di Indonesia.

Pengamatan hilal tersebut dihadiri Kabag TU, H Saifuddin SE, Karo Isra Pemerintah Aceh, Zahrol Fajri, Kadis Syariat Islam, EMK Alidar, pakar Falakiyah BHR Aceh, Dr Suhrawardi dan sejumlah tamu undangan lainnya.(*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved