Hukum Main Game Online untuk Melalaikan Puasa, Simak Penjelasan Tgk Umar Rafsanjani

Bagaimana hukumnya bermaian game online, seperti Mobile Legend, PUBG, puzzle, dan lai-lain, untuk melalaikan puasa?

Hukum Main Game Online untuk Melalaikan Puasa, Simak Penjelasan Tgk Umar Rafsanjani
SERAMBINEWS.COM/ZAINAL ARIFIN M NUR
Tgk Umar Rafsanjani, pemimpin Dayah Mini Aceh. 

Apa Hukum Bermain Game Online untuk Melalaikan Puasa? Simak Penjelasan Tgk Umar Rafsanjani

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Banyak hal dilakukan, terutama oleh remaja atau kaum milenial, agar tidak terasa berat dalam menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Di Aceh, kegiatan-kegiatan yang dianggap bisa “mempercepat” tibanya waktu berbuka puasa ini dikenal dengan istilah “peulale puasa” alias melalaikan puasa.

Sekitar 20 tahun lalu, kegiatan peulale puasa ini dilakukan dalam beragam bentuk permainan ringan, seperti main cato suep (dakon), cato rimueng, cabang, hingga bermain kelereng atau sekedar jalan-jalan keliling kampung dengan sepeda maupun sepeda motor.

Belakangan, seiring berubahnya zaman, anak-anak remaja Aceh mulai meninggalkan permainan itu dan beralih ke permainan-permainan online dalam bentuk aplikasi dalam telepon pintar (smart phone).

Sehingga, anak-anak remaja yang kini disebut kaum milenial, kerap menghabiskan waktu dengan bermain fasilitas di handphone, terutama game online.

Tujuannya sama juga dengan anak-anak 20 tahun lalu, yaitu peulale puasa.

Bedanya, kaum millenial ini tidak lagi berinteraksi di dunia nyata, melainkan berinteraksi dengan cara berselancar di dunia maya.

Baca: Ramadhan; Wisata Halal di Aceh

Baca: Setan Dibelenggu Saat Ramadan, Kenapa Maksiat Masih Terjadi? Ulama Ini Singgung Cara Kerja Toke Sabu

Lalu, bagaimana hukumnya bermaian game online, seperti Mobile Legend, PUBG, puzzle, dan lai-lain, untuk melalaikan puasa?

“Secara fiqh memang tidak mengapa, tapi ini kan menyianyiakan waktu saja. Padahal seharusnya kita manfaatkan kesempatan untuk beribadah kepada Allah,” ungkap Tgk Umar Rafsanjani Lc MA, dalam bincang santai di Newsroom Serambi Indonesia, Meunasah Manyang, Pagar Air, Aceh Besar, Selasa 2 Ramadhan 1440 H/7 Mei 2019.

Halaman
123
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved