PA dan PNA akan Bersatu di DPRA, Sepakat Bersama dalam Koalisi Aceh Bermartabat Jilid Dua

Koalisi Aceh Bermartabat (KAB) yang digagas oleh Muzakkir Manaf alias Mualem selaku Ketua Umum Partai Aceh (PA), tampaknya akan terus berlanjut..

PA dan PNA akan Bersatu di DPRA, Sepakat Bersama dalam Koalisi Aceh Bermartabat Jilid Dua
DOK SERAMBINEWS.COM
Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Koalisi Aceh Bermartabat (KAB) yang digagas oleh Muzakkir Manaf alias Mualem selaku Ketua Umum Partai Aceh (PA), tampaknya akan terus berlanjut hingga lima tahun ke depan.

Hanya saja, koalisi ini berubah nama menjadi KAB jilid dua. Koalisi ini masih menempatkan PA selaku partai peraih kursi terbanyak sebagai nahkoda koalisi.

Informasi yang dihimpun Serambinews.com, sebanyak tujuh partai politik (parpol) gabungan partai nasional (parnas) dan partai lokal (parlok) telah sepakat dalam koalisi tersebut.

Muzakkir Manaf atau Mualem yang dikonfirmasi Serambinews.com, Selasa (9/7/2019) membenarkan hal itu. Bahkan, dia mengakui, baru saja menggelar rapat khusus dengan lintas partai yang masuk dalam KAB jilid dua itu di Banda Aceh.

"Benar, kita sudah rapat, sudah duduk bersama. Ada tujuh partai yang masuk dalam koalisi di DPRA ini, namanya KAB jilid dua," kata Mualem menjawab Serambinews.com.

Adapun ke tujuh partai itu, empat di antaranya adalah parnas, yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Baca: Partai Aceh di Kabupaten Aceh Tamiang Bergolak, Sejumlah Orang Bakar Dokumen dan Kursi Kantor

Baca: PNA Tunggu Status Irwandi

Baca: PA dan PNA Bersatu pada Milad GAM

Sementara tiga lagi adalah Partai Aceh (PA), Partai SIRA, dan Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Jika merujuk pada awal pembentukan koalisi ini sejak akhir 2014 lalu, ada sejumlah partai pendukung yang sepertinya tidak masuk lagi dalam koalisi ini, yakni Golkar, NasDem, Demokrat, PPP.

Menariknya, ada partai lokal yang kini bergabung, padahal sebelumnya rival politik terberat PA dalam semua kontestasi politik di Aceh, baik pilkada maupun pemilu serentak.

Halaman
12
Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved