Polemik Tiket Pesawat

Tiket Pesawat dari Aceh Tetap Mahal

Maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) di Indonesia, yaitu Citilink dan Lion Air.

Tiket Pesawat dari Aceh Tetap Mahal
IST
JULIANDRA NURTJAHJO, Dirut Citilink Indonesia

* Tak Masuk Rute Penerbangan Murah

BANDA ACEH - Maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) di Indonesia, yaitu Citilink dan Lion Air, menurunkan harga tiket mulai Kamis (11/7) pukul 00.01 WIB. Tapi Aceh tidak termasuk dalam rute penerbangan murah tersebut. Artinya, harga tiket dari dan ke Aceh tetap mahal seperti belakangan ini.

Penurunan harga tiket itu sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan maskapai LCC menerapkan tarif 50 persen lebih murah dari tarif batas atas (TBA) yang sudah ditentukan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Khususnya untuk jadwal penerbangan pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat.

Dikutip dari Kompas.com, ada 62 rute penerbangan Citilink yang mengalami penyesuaian harga tiket, sedangkan Lion Air ada 146 rute penerbangan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Serambi, Kamis (11/7), Citilink menyebutkan sejumlah rute penerbangan yang mengalami penyesuaian harga tiket itu adalah Jakarta-Medan (pp), Jakarta-Yogyakarta (pp), Makassar-Surabaya (pp), Jakarta-Denpasar (pp), Balikpapan-Denpasar (pp), Surabaya-Banjarmasin (pp), Jakarta-Solo (pp), Jakarta-Malang (pp), Batam-Pekanbaru (pp), Jakarta-Pangkal Pinang (pp), Jakarta- Bengkulu, Kertajati-Pekanbaru, Medan-Yogyakarta, dan berbagai rute lainnya.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengatakan, Citilink memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan lancar.

“Penyesuaian harga tiket ini sejalan dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, penurunan harga tiket pesawat sebesar 50 persen dari TBA diberlakukan untuk rute-rute tertentu dengan jadwal penerbangan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

“Citilink Indonesia akan mengalokasikan 3.348 kursi dengan 62 penerbangan yang akan mengalami penyesuaian harga ini setiap harinya,” kata Juliandra.

Ia tambahkan, sejalan dengan kebijakan pemerintah, pihaknya akan terus melakukan review atas harga tiket pesawat dan berkolaborasi dengan stakeholders untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dalam rangka menyediakan penerbangan yang terjangkau bagi masyarakat.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved