Peringati Pekan ASI se-Dunia, Darwati A Gani Berbagi Kisah Perjuangan Anaknya Memberi ASI Eksklusif

Darwati juga mengajak ibu-ibu untuk perduli terhadap kesehatan anaknya dengan memberikan ASI secara eksklusif, serta juga didukung oleh suami

Peringati Pekan ASI se-Dunia, Darwati A Gani Berbagi Kisah Perjuangan Anaknya Memberi ASI Eksklusif
SERAMBI/MAWADDATUL HUSNA
Darwati A Gani bersama ibu-ibu pada peringatan Pekan ASI se-dunia, di Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (4/8/2019). 

Darwati juga mengajak ibu-ibu untuk perduli terhadap kesehatan anaknya dengan memberikan ASI secara eksklusif, serta juga didukung oleh suami

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Puluhan ibu-ibu di Banda Aceh ikut memeriahkan pekan ASI se-dunia yang diadakan oleh Aceh Peduli ASI, di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (4/8/2019).

Kegiatan ini diperingati tiap minggu pertama (tanggal 1 hingga 7) pada Agustus yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat pentingnya ASI bagi anak-anak.

"ASI penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Tahun ini banyak kegiatan yang diadakan termasuk public awareness yang berlangsung di Blang Padang hari ini, serta puncak acaranya seminar nasional pada 24 Agustus nanti," kata Ketua Aceh Peduli ASI, dr Aslinar SpA M Biomed disela kegiatan tersebut.

Baca: Pria Tuntut Mantan Pacarnya Ganti Rugi Rp 408 Juta, Ternyata Begini Gaya Pacaran Mereka

Menurutnya, tingkat kepedulian orang tua untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada anaknya, khususnya di Banda Aceh meningkat.

Hal itu terlihat dari kegiatan edukasi menyusui yang diadakan pihaknya tiap dua minggu sekali.

"Banyak yang datang tiap kegiatan edukasi yang kita laksanakan untuk menambah pengetahuan tentang ASI," ujarnya.

Kegiatan yang bertema "Berdayakan Orang Tua untuk Bisa Menyusui" ini juga dihadiri Tokoh Perempuan Aceh, Darwati A Gani.

Baca: Warga Pedalaman Aceh Timur Keluhkan Mahalnya Harga Gas Elpiji 3 Kilogram

Dalam kesempatan itu, Darwati berbagi kisah tentang perjuangan anaknya yang memberikan ASI eksklusif kepada sang cucu.

"Selain diperintahkan oleh Allah, ASI juga mencerdaskan anak. Saya sebagai nenek juga berharap cucu saya dapat diberikan ASI eksklusif. Saya juga melihat bagaimana kepedulian menantu saya yang mengupayakan bagaimanapun caranya anaknya bisa dapat ASI eksklusif," tutur Darwati.

Ia melanjutkan pada hari pertama, ASI anaknya bisa dikatakan tidak keluar sama sekali, dan sempat diberikan sedikit susu formula.

Baca: Pria Ini Datangi Rumah Pengantin Wanita dengan Menunggang Kuda Dikawal Laskar Bersenjata

"Kemudian dilakukan pijat, konsultasi ke dokter, dan bidan. Alhamdulillah sekarang ASI-nya sudah banyak dan cukup untuk cucu saya," tambahnya.

Pada kesempatan itu Darwati juga mengajak ibu-ibu untuk perduli terhadap kesehatan anaknya dengan memberikan ASI secara eksklusif, serta juga didukung oleh suami.

Kegiatan itu juga dirangkai dengan senam pijat oksitosin, konseling gratis, dan berbagai games yang melibatkan ibu-ibu. (*)

Baca: Dua Pria Culik Bocah 3 Tahun yang Tertidur di Stasiun, Diperkosa kemudian Dibunuh karena Menangis

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved