Breaking News:

Idul Adha 1440 H

Sekda Pimpin Pawai Takbiran di Abdya, Musik Dilarang

Kegiatan pawai takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (10/8/2019) malam.

Penulis: Zainun Yusuf | Editor: Yusmadi
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Sekda Abdya Thamrin, bersama Ketua DPRK, Dandim 0110, Wakapolres, Ketua MPU, Ketua MAA, memukul beduk pelepasan pawai takbiran keliling Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M di lapangan depan Kantor Bupati di Bukit Hijau, Desa Keude Paya, Blangpidie, Sabtu (10/8/2019) malam. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Kegiatan pawai takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (10/8/2019) malam.

Pawai keliling dilepas Bupati Abdya diwakili Sekda Abdya, Drs Thamrin di Lapangan Depan Kantor Bupati di Bukit Hijau, Desa Keude Paya, Blangpidie.

Pelepasan ditandai pemukulan beduk oleh Sekda bersama Ketua DPRK, Dandim 0110, Wakapolres, Ketua MPU, Ketua MAA, para Pimpiban SKPK, sejumlah Camat serta sejumlah ulama.

Sebelum pelepasan Plt Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Abdya, Ubaidillah mengamumkan tentang larangan menampilkan musik yang menghentak dalam kegiatan pawai keliling menyambut Hari Raya Idul Adha.

"Musik tak kita perkenankan dalam pawai takbiran malam ini. Kita harus sesuaikan dengan acara," kata Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Ubaidillah. Saat itu, memang telah hadir di lokasi peserta menggunakan satu unit mobil yang membawa alat musik sambil memperdengarkan suara musik keras dan menghentak-hentak.

Setelah pengumuman tentang larangan itu, segera saja suara musik keras itu dimatikan oleh peserta tersebut.

Ubaidillah menjelaskan pawai takbiran dilaksanakan satu rute, yaitu diawali dari depan kantor bupati Desa Keude Paya menuju Jalan Iskandar Muda, Kota Blangpidie ke Simpang Tugu Cot Mane, Kecamatan Jeumpa.

Kemudian belok menuju RSU Teungku Peukan di Susoh, menuju Kota Blangpidie, langsung menuju Manggeng sampai lakasi SPBU di Paya Laut.

Baca: Ribuan Masyarakat, Santri dan Pegawai Langsa Ramaikan Pawai Takbir Idul Adha

Baca: Malam Ini Lomba Mobil Hias akan Meriahkan Malam Takbiran di Pidie Jaya, Ini Jumlah Hadiahnya

Baca: Pawai Takbir Idul Adha di Pidie Diwarnai Hujan Deras

"Beda sebelumnya menempuh rute dua jalur (Blangpidie-Manggeng dan Blangpidie-Babahrot), pawai takbiran malam ini kita tempuh satu jalur saja karena mengingat satu lain hal," kata Ubai.

Dipandu mobil poreder dari Polres Abdya, peserta pawai takbiran terdiri atas pegawai instansi Pemkab, Ormas, OKP dan masyarakat. Peserta menggunakan kendaraan bermotor roda empat dan roda dua.

Serentak

Seperti pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri lalu, pelaksanaan Hari Raya 1440 H/2019 M, tahun ini juga serentak seluruh Abdya terdiri atas sembilan kecamatan, dari Babahrot sampai LeMbah Sabil.

Dikatakan serentak karena suara takbir mengagungkan Allah bergema di seluruh masjid Sabtu malam ini.

Bukan saja di Masjid Jamik Baitul Adhim Blangpidie dan Masjid Nurul Yaqin, Desa Keude Siblah, juga di seluruh masjid di kecamatan-kecamatan sampai desa/gampong. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved