Berita Aceh Timur

KIP Aceh Lakukan Perhitungan Ulang Perolehan Suara PNA untuk DPRA di Aceh Timur

“Terakhir akan direkap di KIP Provinsi Aceh, sekaligus penetapan caleg DPRA yang duduk di kursi DPRA Aceh,”

KIP Aceh Lakukan Perhitungan Ulang Perolehan Suara PNA untuk DPRA di Aceh Timur
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Petugas KPPS, melakukan perhitungan surat suara ulang terhadap perolehan suara calon anggota DPRA dari daerah pemilihan 6, untuk Partai PNA di Gedung Sport Center (ISC) Idi Rayeuk, Rabu (21/8/2019) siang. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – KPU RI melalui KIP Aceh, Rabu (21/8/2019) melakukan perhitungan suara ulang terhadap perolehan suara calon angota DPRA dari daerah pemilihan 6, untuk Partai PNA.

Perhitungan surat suara ulang khusus untuk DPRA dari Partai PNA ini merupakan tindaklanjut dari Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan KIP Aceh, untuk melakukan perhitungan surat suara ulang di Kecamatan Peureulak Timur.

“Perhitungan surat suara ulang ini merupakan konsekuensi dari putusan Mahkamah Konstitusi, yang memerintahlan KPU untuk membuat perhitungan surat suara ulang di 42 TPS di Kecamatan Peureulak Timur, untuk partai PNA saja,” ungkap Anggota KPU RI, Ilham Saputra kepada Serambinews.com, di sela-sela perhitungan suara ulang di Gedung Idi Sport Center (ISC), Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Baca: Pria Indonesia Bawa Uang Rp 5 Miliar, Ketahuan di Bandara Singapura, Ngaku Untuk Berjudi dan Medis

Perhitungan surat suara ulang ini, merupakan keputusan MK berdasarkan permohonan dari Partai PNA, yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

“Berdasarkan bukti, dan jawaban saksi sehingga MK memutuskan agar dilakukan pemungutan suara ulang di 42 TPS di Kecamatan Peureulak Timur. Dan saat ini kita sedang melakukan perhitungan suara ulang terhadap caleg DPRA dari PNA saja. Alhamdulillah, proses berjalan lancar,” katanya.

Ilham mengatakan, perhitungan surat suara ulang ini, MK ingin memastikan bahwa surat suara yang tercoblos untuk partai PNA saja.

“Surat suara yang tidak mencoblos PNA akan dipisahkan, kemudian nanti yang dihitung ulang hanya surat suara untuk partai PNA saja yang tercoblos,” ungkap komisioner asal Aceh ini.

Setelah perhitungan surat suara dilakukan oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) selesai, selanjutnya hasil perhitungan dari setiap TPS itu akan direkap di tingkat kecamatan, dan kabupaten.

Baca: AS Jual 66 Jet Tempur F-16 ke Taiwan, Harganya Rp 114 Triliun, Begini Reaksi China

Jadwal rekap tingkat kabupaten dijadwalkan, Jumat 23 Agustus 2019.

“Terakhir akan direkap di KIP Provinsi Aceh, sekaligus penetapan caleg DPRA yang duduk di kursi DPRA Aceh,” tutup Ilham.

Amatan Serambinews.com, di lapangan proses perhitungan surat suara ulang untuk caleg DPRA dari PNA di ISC dikawal ketat aparat keamanan, dan diawasi oleh Bawaslu RI, dan Panwaslu kabupaten.

Setiap TPS juga dihadiri oleh saksi dari Partai PNA, dan Partai PDA.

Sebelumnya, dalam sidang pengucapan putusan di Gedung MK, Jakarta, Kamis (8/8/2019) lalu, Mahkamah Konstitusi mengabulkan sebagian permohonan dari Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Dalam putusannya, MK memerintahkan KIP Aceh untuk melakukan perhitungan surat suara ulang, di Kecamatan Peureulak Timur untuk suara DPRA daerah pemilihan 6, dan meminta Bawaslu melakukan pengawasan. (*)

Baca: Sayuti: Penunjukan Darwati A Gani dan Pengangkatan Muharram Sudah Sah dan Sesuai AD/ART PNA

Penulis: Seni Hendri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved