Breaking News:

Kebakaran di Banda Aceh

Tumpukan Kayu dalam Area Perumahan di Lambhuk Terbakar, Warga Panik

Kebakaran yang cukup menimbulkan kepanikan warga setempat itu diduga berasal dari pembakaran sampah.

For Serambinews.com
Petugas pemadam kebakaran Kota Banda Aceh memadamkan api yang menghanguskan tumpukan kayu di areal yang akan dibangun perumahan di Gampong Lambhuk, Ulee Kareng, Banda Aceh, Sabtu (24/8/2019). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tumpukan kayu di areal kompleks perumahan yang sedang dibangun di Jalan Dr Syarief, Gampong Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, sekitar pukul 18.05 WIB, Sabtu (24/8/2019) sore tadi terbakar.

Kebakaran yang cukup menimbulkan kepanikan warga setempat itu diduga berasal dari pembakaran sampah.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Drs Rizha MM, mengatakan hangusnya tumpukan kayu bekas tersebut cukup menimbulkan kepanikan warga.

Pasalnya api dari tumpukan kayu yang terbakar itu, di samping dekat dengan permukiman padat penduduk, api yang keluar dari tumpukan kayu bekas yang terbakar itu cukup besar dan membumbung tinggi, sehingga warga cukup khawatir.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh ini pun menjelaskan informasi yang dihimpun petugas dari saksi Khaidir (49) di lokasi dan membuka Percetakan Gata tak jauh dari areal perumahan yang sedang dibangun itu, mengatakan, tumpukan kayu yang berada di halaman perumahan itu terlihat sudah dalam kondisi terbakar dan apinya seketika cukup besar.

Menurut saksi Khaidir, lanjut Plt Kepala DPKP Kota Banda Aceh ini, di areal yang sedang dibangun perumahan itu masih kosong, sehingga tidak menjadi perhatian.

Namun, di halaman perumahan itu terdapat tumpukan kayu bekas dan dugaan api yang menyulut kayu-kayu bekas pakai itu berasal dari pembakaran sampah.

"Apinya cukup besar ditambah kondisi angin yang lumayan kencang saat itu, sehingga api bertambah besar. Apalagi, cuaca ekstrem yang melanda Aceh selama ini sangat berpotensi terjadi kebakaran, sedikit saja ada bara api, maka bisa besar dampaknya," kata Rizha.

Baca: Kebakaran Ilalang di Kuta Alam Panikkan Warga, Api Sampah Diduga Pemicunya

Baca: Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan, Muspika Meureudu Pasang Maklumat

Baca: Kebakaran Hanguskan Warung Kuliner di Geurutee

Karena khawatir api dari tumpukan kayu itu menjalar ke rumah warga.di sekitar lokasi, sehingga saksi Khaidir bergegas menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Begitu kami mendapat informasi tersebut, 1 armada dari Pos Pango langsung dikerahkan ke lokasi dan sekitar pukul 18.20 WIB api berhasil dipadamkan," tambah Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran Yudi SH, kepada Serambinews.com.

Menurutnya api diperkirakan bersumber dari pembakaran sampah yang diduga tidak dipadamkan dengan sempurna, sehingga menjalar ke tumpukan kayu bekas itu.

Namun, sejauh ini tidak diketahui siapa yang membakarnya, dan penyelidikannya sudah ditangani Polsek Ulee Kareng.

Proses pemadaman lanjut Yudi, petugas DPKP Kota Banda Aceh juga ikut dibantu personel polsek dan koramil setempat dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, pungkas Yudi. (*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved