Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kebakaran Ilalang di Kuta Alam Panikkan Warga, Api Sampah Diduga Pemicunya

Lahan kosong yang dipenuhi ilalang di permukiman warga Jalan Todak, Gampong Bandar Baru (Lampriek), Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Jumat...

For Serambinews.com
Dua petugas pemadam Banda Aceh memadamkan api yang membakar lahan warga Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, dua hari lalu. 

Kebakaran Ilalang di Kuta Alam Panikkan Warga, Api Sampah Diduga Pemicunya

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Lahan kosong yang dipenuhi ilalang di permukiman warga Jalan Todak, Gampong Bandar Baru (Lampriek), Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Jumat (23/8/2019) sekitar pukul 14.30 WIB terbakar.

Akibatnya, warga yang tinggal di kawasan tersebut menjadi panik, karena keberadaan lokasi ilalang yang terbakar itu berdekatan dengan kawasan padat penduduk.

Plt Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DKPK) Kota Banda Aceh, Drs Rizha MM, mengatakan api yang diduga dari pembakaran sampah yang tidak dipadamkan secara sempurna itu telah memicu kepanikan warga.

Menurutnya, kebakaran ilalang itu pertama kali diketahui oleh Helnas (45), warga setempat yang selanjutnya mendatangi Pos Pemadam Pelangi di Gampong Mulia dan melaporkan hal tersebut.

Penanganan kebakaran ilalang yang berada didekat kawasan padat penduduk Gampong Bandar Baru Lampriek itu pun langsung direspon.

Bus PMTOH Bawa Seniman ke Sarinah, Awali Pertunjukan Ngopi-Ngopi Bareng Seniman

Gelontorkan Tujuh Gol, Wirataco Tantang Naga Pala di Laga Pamungkas

Sabtu Malam, Persiraja Awali Putaran Kedua Menjamu Persibat Batang

“Begitu petugas mendapat informasi itu, satu armada pemadam dari Pos Pemadam Pelangi langsung dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan dan sekitar pukul 15.00 WIB, api berhasil dipadamkan,” kata Rizha.

Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran, Yudi SH menambahkan ada dugaan faktor kesengajaan, sehingga lahan kosong yang dipenuhi semak belukar itu terbakar.

“Cuaca ekstrem yang masih melanda Aceh saat ini, seharusnya menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadi kebakaran, salah satunya membakar sampah. Karena, di banyak kasus kebakaran semak belukar yang terjadi selama ini akibat pembakaran sampah yang lupa dipadamkan secara sempurna,” tambah Yudi.

Ia pun menjelaskan dalam penangganan dan proses pemadaman kebakaran ilalang itu juga ikut dibantu personel Polsek dan Koramil Kuta Alam.

Dramatis! Napi Ini Hunus Pedang Perak ke Polisi Saat Ditangkap, Akhirnya Rubuh Diterjang Peluru

Hewan Dilindungi Ini Sering Dipelihara Warga Aceh, Ingat! Anda Bisa Dipenjara Sampai Lima Tahun

Cegah Penyakit Hepatitis, ASN Pemkab Aceh Tengah Periksa Kesehatan Secara Kolektif

Dua hari lalu lanjut Yudi, kebakaran kebun juga terjadi di Jalan Prada Utama Lorong Keunari, Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (21/8/2019)  sekitar pukul 17.00 WIB.

Dari pengakuan pemilik kebun, Azwar Syam alias Cut Neh (58), kata Yudi setelah membersihkan kebunnya, pemilik lahan itu selanjutnya membakar ranting serta dahan yang telah dibersihkan.

Karena, kondisi angin cukup kencang, sehingga pada saat api sampah tersebut disulut, tiba-tiba api langsung membesar dan menjalar ke bagian kebunnya yang lain.

“Syukur beliau cepat meminta bantuan terhadap warga yang sedang hilir mudik, sehingga cepat menghubungi petugas pemadam,” pungkas Yudi.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved