Berita Pidie

Istri Plt Gubernur Resmikan Rumoh Gizi Gampong di Kembang Tanjung

Istri Plt Gubernur Aceh, Ir Dyah Erti Idawati MT meresmikan peluncuran Rumoh Gizi Gampong (RGG) di Gampong Ara, Kembang Tanjung, Pidie,

Istri Plt Gubernur Resmikan Rumoh Gizi Gampong di Kembang Tanjung
For Serambinews.com
Ny Dyah istri Plt Gubernur Aceh memberikan telur pada anak pada peluncuran rumah gizi di Gampong Ara, Kembang Tanjung, Pidie, Rabu (28/8/2019). 

Laporan Nur Nihayati | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Istri Plt Gubernur Aceh, Ir Dyah Erti Idawati MT meresmikan peluncuran Rumoh Gizi Gampong (RGG) di Gampong Ara, Kembang Tanjung, Pidie, Rabu (28/8/2019).

Di lokasi Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Aceh ini juga membagikan telur dan susu untuk anak -anak setempat.
Ny Dyah mengharapkan adanya partisipasi semua pihak guna mengantisipasi anak kurang gizi.

Sementara itu, Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud dalan pidatonya menyampaikan, terimakasih kepada Ny Dyah dan rombongan ke Pidie.

Dikatakan, Rumoh Gizi Gampong merupakan tempat/ wadah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi masalah gizi, baik gizi ibu hamil, bayi, balita maupun gizi remaja dan masyarakat.

Sehingga, di rumah gizi ini dapat dilakukan kegiatan berupa penyediaan makanan, konsultasi gizi dan promosi kesehatan dan gizi.

"Pelaksanaan Rumoh Gizi Gampong tersebut merupakan tinjaklanjut pelaksanaan amanat Peraturan Gubernur Aceh nomor 14 tahun 2019 tentang Upaya Pencegahan dan Penanganan Stunting di Aceh," katanya.

Maka ituz Pemerintah Kabupaten Pidie bersinergi dengan pemerintah Aceh dalam menurunkan jumlah anak balita yang mengalami stunting.

Baca: BREAKING NEWS: Diduga Mesum dalam Mobil di Aceh Barat, Pasangan Asal Nagan Raya Ditangkap Warga

Baca: Wakil Bunda PAUD Dyah Erti Kunjungi Nagan Raya, Kampanye Isi Piringku

Baca: Wanita Korban Hipnotis di Abdya Belum Bersedia Beri Keterangan ke Polisi, Ini Alasan Suaminya

"Kami berkomitmen akan menggencarkan upaya penurunan stunting, salah satu caranya adalah membangun Rumoh Gizi Gampong di setiap desa, " ujar Fadhlullah.

Diharapkan kepada seluruh Ketua TP PKK dalam Kabupaten Pidie untuk ikut menggerakkan Program Rumoh Gizi Gampong setiap gampongnya masing-masing. Terutama di wilayah gampong lokasi khusus (lokus) Stunting.

Sementara itu, salah satunya kegiatan rutin adalah dengan melakukan pemantauan pertumbuhan Ibu hamil, bayi dan anak balita setiap bulan di Posyandu. Kegiatan Program Rumoh Gizi Gampong (RGG) merupakan salah satu dari beberapa kegiatan di Posyandu.

Oleh karena itu dukungan PKK sangat menentukan keberhasilan berjalannya kegiatan Program Rumoh Gizi Gampong (RGG).

"Kami juga mengajak masyarakat agar mengutamakan pemberian makanan bergizi kepada anak-anak berusia balita dan ibu hamil. Sebab perkembangan otak anak sudah dimulai sejak dalam kandungan sampai usia dua tahun setelah lahir atau disebut dengan istilah seribu hari Pertama kehidupan(1000 HPK), " demikian Wabup Pidie, Fadhlullah. (*)

Penulis: Nur Nihayati
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved