Breaking News:

Keppres Pemberhentian Irwandi

Meski Diberhentikan Sementara oleh Presiden, Irwandi Tetap Terima Gaji sebagai Gubernur Aceh

Presiden RI Joko Widodo secara resmi memberhentikan sementara Irwandi Yusuf dari jabatannya sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022

ANTARA/DHEMAS REVIYANTO
GUBERNUR Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf yang menjadi terdakwa kasus suap DOKA 2018 dan kasus penerimaan gratifikasi pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (17/12). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Irwandi Yusuf diberhentikan sementara oleh Presiden Jokowi dari jabatannya sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022 sejak tanggal 26 Juli 2019.

Pemberhentian ini karena Irwandi sedang menghadapi proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap dana otonomi khusus Aceh (DOKA) 2018. 

"Memberhentikan sementara H Irwandi Yusuf MSc sebagai Gubernur Aceh masa jabatan tahun 2017-2022 sampai dengan adanya putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap," bunyi salah satu Keppres.

Dengan pemberhentian sementara itu, apakah Irwandi masih menerima gaji atau tidak?

Fasilitas apa saja yang dicabut dari Irwandi?

Baca: Duel Keras dan Sempat Terhenti, 3 Pemain Persiraja Diganjar Kartu Merah di Markas Perserang

Karo Hukum Setda Aceh, Amrizal J Prang yang dihubungi Serambinews.com, Senin (2/9/2019) mengatakan Irwandi masih menerima gaji pokok, tunjangan anak, dan tunjangan istri.

Yang tidak didapatkan oleh Irwandi setelah Keppres itu turun adalah hak protokoler sebagaimana diatur dalam Pasal 75 ayat (3) UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang dikenai sanksi pemberhentian sementara tidak mendapatkan hak protokoler serta hanya diberikan hak keuangan berupa gaji pokok, tunjangan anak, dan tunjangan istri/suami,” bunyi Pasal 75 ayat (3).

Baca: Yusril Pimpin Tim Kuasa Hukum Irwandi,  Sudah Daftarkan Akta Pernyataan Kasasi

Ditandatangani 26 Juli

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved