Breaking News:

Pelantikan DPRK 2019

Pelantikan Anggota DPRK Aceh Selatan Dikawal Ketat

Para undangan hanya diperbolehkan masuk dari pintu utama, sedangkan untuk akses lain ditutup oleh petugas.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Personel kepolisian dari Polres Aceh Selatan menjaga ketat acara pelantikan anggota DPRK Aceh Selatan, Senin (2/9/2019). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan masa jabatan 2019-2024 yang berlangsung di gedung dewan setempat, Senin (2/9/2019) dikawal ketat oleh personel kepolisian dari Polres setempat.

Pantauan Serambinews.com untuk masuk ke ruang rapat paripurna, para undangan harus menjalani pemeriksaan dari petugas pengaman berlapis.

Para undangan hanya diperbolehkan masuk dari pintu utama, sedangkan untuk akses lain ditutup oleh petugas.

Sebagaimana diketahui, pengucapan sumpah anggota dewan terpilih ini seyogyanya berlangsung tanggal 1 September 2018 seiring dengan berakhirnya masa bakti anggota DPRK 2014-2024.

Namun dikarenakan tanggal dimaksud jatuh pada hari Munggu, sehingga harus diundur pada hari kerja efektif.

Baca: Mantan Anggota DPRK Aceh Singkil Tiga Periode Ini Sulap Pekarangan Rumah Jadi Ladang Uang

Baca: Ajukan Pembelaan, Tiga Oknum Polisi Minta Dibebaskan, Terkait Kasus Kerusuhan di Mapolsek Bendahara

Baca: Songsong Laga Perdana Babak 12 Liga-3, 18 Pemain PSLS Berangkat ke Langsa

Prosesi pengucapan sumpah dalam sidang paripurna khusus itu dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Tapaktuan, Yudhistira Adhi Nugraha SH MH yang bertindak atas nama Ketua Mahkamah Agung.

Sedangkan sidang dipimpin oleh Ketua DPRK Aceh Selatan masa bakti 2014-2019 T Zulhelmi.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan H Azwir S Sos dan Tgk Amran, Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono ST, Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB, Kajari Aceh Selatan Fajar Mufti SH MH, dan Ketua Pengadilan Negeri Tapaktuan, Yudhistira Adhi Nugraha SH MH.

Adapun jumlah anggota dewan yang terpilih pada Pileg dan pilpres 17 April 2019 lalu sebanyak 30 anggota yang terdiri dari partai PNA (6 kursi), Demokrat (4 kursi), PA (3 kursi), Nasdem (3), PAN (2 kursi), PKPI (2 kursi), Gerindra (2 kursi), PKB (2 kursi), PDA (2 kursi), PBB (1 kursi), Golkar (1 kursi), PPP (1 kursi) dan Hanura (1 kursi).

Dari 30 anggota DPRK Aceh Selatan terpilih untuk masa bakti 2019-2024 yang mengucapkan sumpah dan pengukuhan ini, 10 di antaranya merupakan incumbent.

Selain itu juga ada tiga perempuan yakni Yenni Rosnizar S.Km (PPP), Velly Hidayar (Demokrat) dan Rema Hishul Azma SE (PNA).(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved