Budaya

Tari Guel dan Didong Kopi di Taman Nol Kilometer Yogya

Puisi kopi dan didong kopi digelar di tugu nol kilometer Yogyakarta, Senin (3/9/2019) malam. Pertunjukan dilakukan secara spontan oleh Sanggar Pegayon

Tari Guel dan Didong Kopi di Taman Nol Kilometer Yogya
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Pertunjukan tari Guel dan Didong di taman nol kilometer Yogyakarta oleh Sanggar Pegayon dan Rangkaian Bunga Kopi. 

Tari Guel dan Didong Kopi  di Taman Nol Kilometer Yogya

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS COM, JAKARTA - Puisi kopi dan didong kopi digelar di tugu nol kilometer Yogyakarta, Senin (3/9/2019) malam. Pertunjukan dilakukan secara spontan oleh Sanggar Pegayon Jakarta dan Rangkaian Bunga Kopi yang sedang menyelenggarakan Ekspedisi Seni Kopi Gayo Trans Sumatera dan Jawa.

Pegayon yang dimotori Ceh Mulia, Ajli, Riyal, Hendri, Ikmal, Alda, Mirda, Heri, bersama-sama Kiki, Winata Gayo, Devie Matahari, serta  seniman Gayo di Yogyakarta, Tamtam, Alex, Lutfi, Gustira, Kuamla Tari langsung membentuk lingkaran  didong di halaman tugu.

Sejurus kemudian, Alex dan Heri menggerakkan tubuh mengikuti irama gegedem atau perkusi  dalam komposisi Guel, da dilanjutkan dendang puisi didong tentang kopi Gayo yang dipadukan dengan puisi Sengkewe dan Kopi Pagi Kopi Gayo.

Kejari Aceh Tengah Musnahkan BB Sejumlah Kasus Pidana

Sufi, Korban Puting Beliung Sungaimas Aceh Barat yang Masih Mengungsi

Sore Ini, Tantang Persimura di Laga Perdana Babak 12, Ini Trik PSLS untuk Menangkan Pertandingan

Para pengunjung taman tampak ikut menikmati pertunjukan dan berdendang bersama.

"Kami sengaja berdidong dan menari di taman nol kilometer Yogya sebagai bentuk apresiasi kami terhadap kota budaya ini," kata Ceh Mulia yang mengenakan pakaian kerawang Gayo.

Kelompok seniman ini tiba di Yogyakarta diantarkan oleh bus PMTOH dari Solo, bus legendari Aceh yang membuka trayek pertama sekali ke Solo dan Yogyakarta pada 1986. Salah satu komoditi alam yang dibawa waktu itu adalah biji kopi dari Gayo.

Fattah Fikri Ketua DPRK Sementara Aceh Timur, Ini Harapannya

Masuki Hari Keempat Karantina, Ini Agenda Nana Hafizah Selaku Putri Pariwisata Aceh 2019 di Jakarta

Hadiri Kajian Ustaz Abdul Somad Pembahasan Soal Poligami, Ekspresi Cut Meyriska Jadi Sorotan

Di Yogyakarta, kelompok seniman kopi Gayo ini juga menggelar pertunjukan di Pandhapa Art Sapce Jalan Ringroad Selatan. Kegiatan ini merupakan rangkaian Ekspedisi Seni Kopi yang digelar mulai dari The Atjeh Connection Sarinah Jakarta, Kebun Binatang Solo, Balaikota  Solo, dan Yogyakarta. 

 "Kami membawa seni kopi, sebagai bentuk apresiasi kita kepada petani kopi Gayo yang telah merawat dan menghasilkan kopi Gayo yang dimuliakan dibanyak tempat di dunia, termasuk Yogyakarta," demikian Ceh Mulia.(*)

Pangdam IM Pimpin Pemadaman Kebakaran Hutan di Gunung Glee Taron, Aceh Besar

20 Gampong di Aceh Timur belum Realisasi Dana Desa Tahap l

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved